Khasiat Buah Alpukat untuk Perawatan Wajah Berjerawat

Perawatan wajah berjerawat berikut akan sangat berguna bagi kamu yang saat ini dirundung kebingungan karena jerawat pada wajah kamu tak kunjung teratasi. Sudah berbagai jenis perawatan dan dokter kulit telah kamu sambangi tetapi justru memberikan hasil yang nihil.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat wajah berjerawat kamu menjadi lebih baik. Yang terpenting adalah kamu mengetahui penyebab dari jerawat tersebut. Namun disamping itu, ada banyak faktor yang menentukan kenapa kulit wajah kamu selalu disambangi oleh jerawat. Faktor seperti genetik, gaya hidup, hingga lingkungan dan wajah yang sering terpapar asap polusi menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Lalu sebenarnya, bagaimana siklus jerawat pada wajah kamu? Berikut adalah uraian singkatnya!

Siklus Jerawat

Biasanya sebuah jerawat yang ada di wajah diawali dengan tanda kecil berwarna kemerahan. Selain itu, wajah yang akan berjerawat diawali dengan timbulnya komedo diarea seperti hidung dan jidat. Komedo sendiri dapat dibersihkan dengan tisu pembersih muka ataupun dengan sabun pencuci muka yang biasa kamu gunakan.

Tetapi, tidak semua komedo bisa hilang, biasanya komedo membandel akan menyebabkan radang yang selanjutnya berkembang menjadi jerawat baru. Jerawat baru ini dapat hilang apabila tangan kotor kamu tidak jahil untuk menyentuhnya. Semakin sering tanganmu berinteraksi dengan jerawat baru tersebut, maka semakin besar kemungkinan jerawat tersebut terus membesar.

Jika demikian, jerawat tersebut akan semakin membesar dan warnanya semakin kemerahan karena gumpalan darah didalamnya. Dalam beberapa kasus, jerawat tersebut akan menimbulkan rasa nyeri jika disentuh. Pada kondisi tersebut, jerawat dinamakan papula.

Usahakan dalam kondisi ini, untuk melakukan pencegahan terjadinya hal – hal yang lebih buruk. Seperti rajin mencuci muka hingga mengonsultasikannya ke dokter kulit tempat biasa kamu melakukan perawatan wajah berjerawat. Namun, ada juga yang iseng berinteraksi dengan papula tersebut meskipun nyeri. Hingga pada suatu tahap jerawat atau papula tersebut pecah dan mengeluarkan isinya.

Banyak yang beranggapan bahwa dengan membersihkan jerawat dengan memencetnya akan membuat bersih. Ternyata dugaan tersebut salah. Jerawat yang dipencet dan memuntahkan isinya akan menyebar ke seluruh area wajah. Yang justru menimbulkan peradangan dan penyebaran bibit – bibit jerawat di area wajah lainnya.

Jika sudah demikian, kamu pasti bingung harus melakukan apa. Pasalnya jerawat menjadi momok yang ditakutkan terutama bagi para wanita pada umumnya. Eits, tapi jangan bingung, saat ini banyak sekali produk sabun muka untuk muka berjerawat atau kamu bisa mencoba cara alami dengan buah.

Ya, buah. Dibenak kamu pasti buah sangatlah tidak mungkin bisa dijadikan solusi yang baik bagi masalah jerawat. Namun kenyataannya, buah kaya lemak seperti alpukat ternyata bisa kamu coba untuk menghilangkan jerawat dan noda bekasnya dan mengembalikan kemulusan kulit wajahmu. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut!

Perawatan Wajah Berjerawat dengan Buah Alpukat

Buah alpukat yang didominasi oleh warna hijau keputihan dan kaya lemak essensial seperti omega 3 dan omega 6 ternyata bisa menjadi senjata ampuh untuk menghilangkan jerawat. Hal yang menyebabkan buah ini sangat berguna untuk jerawat adalah kandungan vitamin E serta antioksidan yang berfungsi untuk membunuh racun dan meminimalisir tumbuhnya bakteri khususnya pada wajah apabila diaplikasikan pada area yang berjerawat.

Cara yang bisa dilakukan selain mengonsumsinya, dapat pula diberikan langsung pada wajah namun sudah dalam bentuk masker. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Ya, pertama kamu harus menyiapkan buah alpukat yang sudah dikuliti dan dibuang isinya. Sehingga, kamu hanya menggunakan bagian dagingnya saja. Kemudian potong – potong secara sembarang untuk membuatnya dalam ukuran yang kecil. Beri sedikit atau sekitar 2 sendok makan air untuk 1 buah alpukat dan berlaku kelipatan. Kemudian tekan – tekan alpukat yang telah dipotong dan diberi air pada bibir mangkuk untuk tempat membuat masker. Ulangi hingga membuat tekstur alpukat seperti emulsi atau gel. Maka selesailah proses membuat masker alpukat untuk wajahmu.

Untuk mengaplikasikannya kamu bisa mengambil sedikit dari masker yang telah kamu buat kemudian simpan sisanya dalam kulkas untuk kamu gunakan kemudian. Nah, pastikan kamu sudah mencuci wajahmu dengan air hangat dan bersih. Keringkan dan mulai aplikasikan masker buatanmu ke seluruh area wajah dengan menggunakan kuas yang ukurannya tidak terlalu kecil. Aplikasikan secara merata keseluruh bagian wajah. Kemudian, diamkan selama 15 – 20 menit dan bilas dengan air hangat. Maka kamu telah selesai menggunakan masker alpukat. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal pastikan menggunakan masker tersebut sebelum tidur setiap hari. Jika sudah memberikan hasil yang kamu inginkan, bisa digunakan 2 hari sekali atau bahkan 1 minggu sekali.

Mudah bukan? Masker alpukat mungkin terdengar sangat asing di telinga kamu. Tetapi, tidak demikian pada masker alpukat, karena ini sangat berguna untuk menjaga kebersihan kulit wajah dan bisa dijadikan solusi alternatif untuk perawatan wajah berjerawat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *