Makanan Tepat untuk Perawatan Wajah Berjerawat  

Perawatan wajah berjerawat tidak cukup hanya dengan menggunakan produk perawatan wajah saja. Pola gaya hidup juga tentunya perlu diatur agar wajah lebih terawatt dan bebas dari jerawat. Salah satu caranya adalah melalui konsumsi makanan yang bisa membantu mencegah dan membersihkan jerawat yang timbul di wajah.

Karena, selain dari faktor tubuh kita sendiri, jerawat pun bisa timbul karena aktifitas dan pola makan yang kurang sehat.

Berikut sedikit tips merawat wajah berjerawat melalui makanan yang dikonsumsi.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan buah dengan kandungan lemak yang justru sehat untuk tubuh. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama wajah. Khasiatnya, vitamin E dapat membuat kulit wajah menjadi lebih lembut tanpa membuat jerawat menjadi lebih mudah timbul.

  1. Anggur merah

Buah anggur merah, bahkan bersama bijinya adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Menkonsumsi anggur merah pun dapat membantu meredakan inflamasi kulit pada wajah yang sering terjadi ketika wajah berjerawat. Untuk jerawat yang disebabkan oleh alergi atau kulit sensitif, anggur merah juga sangat membantu mengurangi timbulnya efek reaksi alergi tersebut.

  1. Brokoli

Kandungan vitamin A, C, E, K, dan B complex yang terdapat di dalam brokoli membuat brokoli menjadi bahan makanan yang sangat tepat untuk perawatan wajah berjerawat. Vitamin – vitamin tersebut bisa membantu menyembuhkan kerusakan yang terjadi pada kulit karena jerawat, sehingga juga membuat wajah terlihat lebih cerah setelah jerawat hilang.

  1. Kacang – kacangan

Secara umum, banyak yang berpendapat bahwa menkonsumsi kacang – kacangan justru dapat menimbulkan jerawat. Akan tetapi, kacang – kacangan mengandung mineral zinc dan selenium, yang jika kekurangan mineral tersebut, justru dapat membuat jerawat lebih banyak timbul.

Menkonsumsi kacang – kacangan baik untuk merawat wajah yang berjerawat, tetapi pastikan kacang tidak diolah dengan minyak atau terlalu banyak garam. Kandungan lain yang dimiliki kacang adalah vitamin E, potassium, kalsium, dan zat besi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.

  1. Ikan

Bahan makanan yang kaya akan lemak omega 3 seperti ikan pun bisa membantu mengurangi inflamasi pada kulit yang berjerawat. Jenis ikan yang dikonsumsi pun bisa apa saja, selama ikan tidak digoreng atau dimasak dengan cara lain yang menggunakan minyak dan garam berlebih.

  1. Teh hijau

Studi telah menunjukkan bahwa teh hijau sangat berguna untuk membasmi jerawat. Kamu bisa melakukan perawatan wajah berjerawat dengan minum teh hijau secara rutin setiap hari, atau meletakkan kantong teh hijau yang sudah dingin di bagian wajah yang rentan berjerawat selama 10 – 15 menit setelah membersihkan wajah.

Bahan – bahan makanan yang sudah disebutkan tadi sangat baik untuk dikonsumsi jika ingin membersihkan wajah dari jerawat, serta mencegah agar jerawat tidak timbul kembali. Namun selain menkonsumsi makanan yang tepat, ada juga makanan yang perlu dihindari untuk mencegah timbulnya jerawat. Menkonsumsi makanan dengan minyak berlebih tentunya dapat membuat wajah menjadi lebih berminyak dan jerawat pun menjadi lebih mudah timbul. Makanan yang mengandung terlalu banyak lemak juga kurang baik untuk kesehatan kulit. Jika wajah sudah berjerawat, sebaiknya hindari jenis makanan tersebut.

Intinya, melakukan perawatan wajah berjerawat tidak perlu repot dan mahal. Selain menggunakan produk perawatan wajah yang ada, merawat wajah berjerawat cukup dengan menghindari bhan makanan berminyak dan berlemak tinggi, serta menkonsumsi makanan yang sudah disebutkan di atas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *