Manfaat Apel untuk Menghilangkan Plak pada Gigi

Setiap buah memang memiliki manfaat tertentu untuk kesehatan, seperti buah apel yang ampuh sebagai cara menghilangkan plak pada gigi. Nah, buah apel juga memiliki manfaat yang besar untuk menjaga berat badan dan mempertahankan bentuk tubuh yang ideal. Sedangkan untuk gigi, buah apel tidak hanya efektif untuk menghilangkan plak pada gigi namun juga berkhasiat untuk memutihkan gigi. Kok bisa?

Cara menghilangkan plak pada gigi bekerja karena tekstur apel yang keras dan renyah. Nah, karena tekturnya keras, maka kamu perlu untuk mengunyah apel dengan maksimal agar bisa ditelan dan aman masuk ke tenggorokan. Di samping itu, mengunyah apel juga secara otomatis membuat gigi dan gusi seperti tercuci dengan kandungan air yang kaya pada buah apel. Artinya, secara tidak langsung mengunyah buah apel juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan. Tak heran jika orang-orang selalu menggunakan buah untuk pencuci mulut.

Proses mengunyah juga memicu mulut untuk memproduksi liur lebih banyak yang berguna untuk menatralisir pengaruh bakteri streptococcus yang berbahaya di dalam mulut kamu. Sebagai informasi, bakteri streptococcus adalah biang keladi munculnya lubang-lubang pada gigi. Manfaat lain yang didapat dari liur saat mengunyah buah apel adalah kandungan asam alaminya yang berfungsi sebagai cara menghilangkan plak kuning pada gigi.

Lantas, apa kandungan apel sehingga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan plak hitam pada gigi? Seperti yang dilansir wikihow, apel memiliki kandungan asam malic yang berfungsi untuk meluruhkan segala kotoran yang menempel di gigi. Bahkan, jika kamu rajin mengonsumsi buah apel, plak hitam dan kuning yang menempel di gigi kamu akan banyak berkurang meski tidak seratus persen. Intinya, kandungan buah apel yang kaya akan vitamin C juga bisa membantu kamu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

Namun bagaimana jika kamu tidak suka makan buah apel? Manfaat apel ini bisa kamu dapatkan dari cuka apel sebagai cara menghilangkan plak pada gigi, kok. Cuka apel yang diambil dari apel asli memiliki kandungan asam malic dan tidak mengurangi kualitasnya. Caranya, gunakan 2 sendok teh cuka apel yang dicampur dengan air bersih untuk berkumur selama tidak lebih dari 2 menit. Cara ini bisa kamu lakukan setiap kali selesai menggosok gigi untuk berkumur.

Karena kandungan asamnya yang sangat tinggi, kamu tidak boleh membiarkan campuran cuka ini terlalu lama ada di mulutmu. Pasalnya, cara menghilangkan plak kuning pada gigi tersebut justru bisa menyebabkan terkikisnya enamel gigi yang menyebabkan gigi kamu jadi mudah ngilu atau sensitif. Atau, mulutmu bisa saja merasa terlalu masam sehingga mengeluarkan liur yang berlebihan.

Nah, untuk berkumur dengan cuka apel sebenarnya juga bisa menggunakan campuran lain selain air. Campurkan cuka apel dan obat kumur gigi LISTERINE® dengan takaran yang sama. Gunakan untuk berkumur seperti biasanya. Namun ingat sekali lagi, jangan membiarkan campuran tersebut terlalu lama menempel di gigi kamu.

Itulah manfaat buah apel yang selain memutihkan gigi, juga sangat ampuh untuk menghilangkan plak pada gigi yang tentunya sangat mengganggu penampilan. Jadi, semoga informasi tentang cara menghilangkan plak pada gigi dengan apel di atas bermanfaat untuk kamu, ya!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *