Mengatasi Bau Mulut penyebab Krisis Percaya diri

Mengatasi bau mulut

www.listerine.co.id

Yang namanya nafas bau tentu tidak menyenangkan, terutama jika teman atau orang di sekitar kamu dengan berani mendekat lalu mengatakan betapa mematikannya bau nafas kamu di depan muka kamu. Berbahasa sesopan mungkin tetap saja membuat krisis kepercayaan diri kamu muncul. Kalau sudah begini, pasti bingung bagaimana mengatasi bau mulut dengan cepat?

Bau mulut sebenarnya sangat mungkin disebabkan kondisi mulut yang tidak sehat. Gigi berlubang dan penyakit gigi lain dapat menimbulkan nafas tidak sedap. Bakteri sangat senang ketika enamel gigi terkikis, sehingga ia dapat berpesta pora di dalam mulut. Kalau bolong atau penyakit gigi masih minim tentu tidak terasa hanya saja efek pada nafas mulai tercium.

Ada beberapa makanan yang malah memperparah kondisi mulut kamu, sudah sakit, bau mulut bukan main. Beberapa diantaranya adalah kari, bawang, Bombay, atau kopi. Mungkin sederetan contoh tersebut malah menjadi kunci kesuksesan kamu di kegiatan penting sehari hari seperti sebelum kencan, atau menghadap atasan kerja.

Bisa saja kamu coba mengunyah permen karet, tapi kamu harus mengunyah dalam waktu lama karena sampai ‘jejak makanan penyebab nafas bau’ tadi hilang dari sistem tubuh kamu (cukup lama sekitar 24 jam lebih), jika tidak yah terpaksa punya ikatan dengan nafas bau. Kecuali kamu tahu makanan apa saja yang bisa menutupi masalah satu ini:

1. Peterseli/parsley

Mungkin kamu sering mengira parsley hanya untuk dekorasi dan bukan yang lain, namun apabila kamu gemar memakan hidangan penuh bawang putih yang dihias dengan parsley, ada baiknya jika kamu kunyah parsley tersebut usai makan untuk membersihkan mulut kamu dari sisa sisa bau. Apabila kamu punya daun selasih, itu dapat membantu kamu menghilangkan bau, sama halnya dengan tanaman rosemary.

2. Rempah

Beberapa rempah di asia telah terbukti menutupi nafas naga. Kamu dapat membawa kantung kecil berisi kapulaga jawa, ketumbar, dan biji fennel. Rempah rempah semcam ini dapat menghilangkan bau mulut serta membuat mulut terasa lebih segar selama berbulan bulan. Tapi pastikan gigi kamu cukup kuat terutama jika masih sakit.

3. Beri

Buah beri tidak hanya bagus untuk anti oksidan namun juga membantu kulit kamu terlihat lebih muda, tapi juga menyegarkan mulut.

4. Lemon

Lemon sangat bagus untuk menetralisir bekas bau bawang di tangan dan sangat bagus dalam hal membunuh nafas bau kamu. Jika kamu suka minum air putih, kenapa tidak tambahkan potongan lemon untuk mengatasi bau mulut.

5. Apel

Apel sebetulnya sikat gigi alami untuk mulut kamu. Ketika kamu mengkunyah apel kamu sebetulnya memproduksi sedikit lebih banyak air liur dibanding biasanya dikombinasikan dengan serat tinggi dari apel membantu kamu membersihkan mulut.

6. Mint

Tidak mungkin daftar makanan anti bau melewatkan mint! Tidak ada yang lebih menyegarkan mulut selain mint, dan inilah salah satu alasan permen karet rasa mint sangat populer.

7. Kayu manis

Mengunyah kayu manis dapat melepaskan minyak relaksasi yang membantu kamu membunuh bakteri penyebab nafas bau dengan cepat

Meski kamu sudah menemukan apa saja makanan yang bisa membantu mengatasi bau mulut, bukan berarti makanan tersebut menyembuhkan penyebab utama bau mulut kamu. Sikat gigi, flossing, cek ke dokter gigi tetaplah keharusan. Jangan sampai kamu terlena dengan penyamaran sampai lupa mengatasi masalah sebenarnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *