Mengatasi Sakit Gigi dengan Obat Kumur Gigi

Obat kumur gigi juga dipercaya dapat mengatasi sakit atau nyeri pada gigi. Tentunya anda pernah bukan mengalami sakit gigi. Ya, sakit gigi biasanya disebabkan oleh gigi berlubang dan dipengaruhi oleh beberapa faktor selain gigi berlubang. Misalnya, gangguan gigi sensitif, enamel gigi yang rapuh, gigi keropos hingga masalah gusi yang sensitif. Tentunya rasa sakit pada gigi akan menyebabkan rasa tidak nyaman karena rasa sakit akan menjalar ke semua bagian mulut. Rasa sakit tersebut juga mempengaruhi rahang, gusi bahkan hingga nyeri kepala.

Untuk mengatasi sakit gigi anda bisa menggunakan obat kumur gigi. Ada banyak obat kumur gigi sekarang yang banyak dijual. Dengan menggunakan obat kumur tersebut membantu anda untuk mengangkat kotoran yang tidak bisa terjangkau oleh bulu sikat gigi anda. Selain itu juga obat kumur juga membantu mengangkat plak gigi yag dapat membuat gigi berlubang dan keropos.

            namun jika anda ingin menggunakan obat kumur gigi alami, anda bisa membuatnya sendiri di rumah denga bahan alami yang mudah di dapat. Yakni dengan mineral garam. Anda dapat menggunakan garam yang bersumber dari laut dan dari tambak. Garama mengangadung 75 mineral dan senyawa lain. Sebelum anda membaca tips menggunakan obat kumur alami dari garam, anda dapat mengenali terlebih dahulu fakta tentang garam, antara lain:

  1. Garam mengandung senyawa utama natrium dan klorida. Natrium dan klorida dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu tubuh dalam menyerap nutrisi, menjaga sistem saraf dan otot. Sodium juga penting untuk menjaga tekanan darah dan fungsi otot.
  2. Garam juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk produksi sintesis DNA tubuh. Kalsium juga penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, menjaga sistem detak jantung dan membantu tubuh mengendalikan fungsi syaraf.
  3. Selain itu juga garama mengandung sulfur yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Kandungan sulfur pada garam juga penting untuk membuat kesehatan jantung tetap terjaga.
  4. Kandungan mineral lain pada garama seperti fosfor, seng, besi, mangan, silikon dan tembaga. Zat besi dan seng pada garam diperlukan oleh tubuh untuk menjaga proses metabolisme. Sedangkan untuk fosfor dapat mendukung proses produksi energi tubuh, menjaga komponen tulang dan gigi serta menjaga struktur sel tubuh.

Berkumur dengan menggunakan mineral garam tidak hanya dilakukan ketika sakit gigi saja. Melainkan anda bisa melakukan untuk perawatan gigi dan gusi anda. Untuk mendapatkan manfaat dengan menggunakan obat kumur gigi dengan mineral garam berikut tips yang bisa anda lakukan:

  1. Pilihlah jenis garama yang mengandung yodium tinggi.
  2. Ambil dua sendok garam yudium dan campur dengan satu gelas air hangat atau bisa juga air dingin.
  3. Gunakan untuk berkumur. Sebaiknya anda membuat larutan obat kumur mineral garam satu kali pemakaian. Jika ada sisa sebaiknya dibuang, untuk menghindari timbulnya kuman.

Obat kumur gigi dengan air garam tidak memiliki efek samping yang tinggi. Namun, jika dilakukan rutin setiap hari dapat membantu merawat gigi dan gusi anda terhindar dari kuman dan gangguan kesehatan gigi. Bagi anda yang sedang sakit gigi, melakukan kumur dengan air garam dapat membuat area sekitar gigi anda sedikit sakit. Kondisi seperti ini masih dibilang normal. Pada dasarnya berkumur dengan larutan garam bersifat meringankan rasa nyeri pada bagian gigi yang sakit. Namun, untuk gangguan gigi berlubang tidak dapat disembuhkan permanen dengan menggunakan larutan ini. Maka sebaiknya anda memeriksakan ke dokter gigi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *