Nafas Segar Selama Berpuasa? Siapa Takut?

Bulan Ramadhan menjadi momentum yang penting bagi umat Islam yang menjalankannya. Berpuasa selama sebulan penuh tentu menjadi tantangan dan pengalaman sendiri, namun ada satu masalah yang terjadi baik saat berpuasa maupun tidak berpuasa yaitu bau mulut. Nafas yang tidak segar karena efek pembusukan sisa makanan dalam mulut tentunya menjadi masalah bagi kamu yang menginginkan nafas selalu segar walaupun saat berpuasa.

Tentunya, sebenarnya masalah ini tidak perlu kamu khawatirkan karena sebenarnya kamu tetap bisa memiliki nafas yang segar selama berpuasa dengan bantuan obat kumur gigi!

Loh, Bukannya Tidak Boleh Berkumur Saat Puasa?

Saat berpuasa mungkin yang kamu pikirkan adalah tidak boleh makan dan minum saja, apalagi berkumur, makan minum aja ga boleh? Namun sebenarnya ketika berkumur dengan obat kumur gigi masih diperbolehkan dengan syarat tidak tertelan atau melewati kerongkongan. Jika kamu berkumur dengan obat kumur gigi, maka sebaiknya setelah berkumur mengeluarkannya kembali dan tidak menelannya. Apabila kamu menelan obat kumur gigi secara sengaja maka tentunya puasa kamu batal, namun jika tidak sengaja maka tidak batal dan usahakan untuk tidak menelannya kembali dengan sengaja. Lebih parah lagi jika kamu pura-pura menelannya dengan tidak sengaja, tentunya puasa kamu tetap batal.

Selain berkumur dengan obat kumur gigi, tentunya waktu-waktu berkumurnya pun harus diperhatikan.

Kapan Saja Waktu Terbaik untuk Berkumur?

Puasa dimulai saat selesai sahur sampai berbuka yaitu biasanya pada pukul 4 pagi sampai pukul 6 sore, tergantung ketentuan waktu yang berada di daerah masing-masing. Di Indonesia biasanya waktu berpuasa adalah kurang lebih 14 jam. Berbeda dengan negara-negara lain yang dapat berpuasa selama 21 jam lamanya. Maka dalam menjalani 14 jam puasa tanpa makan dan minum, sebaiknya ketika kamu selesai makan sahur, minumlah air putih dan sikat gigi kamu sampai bersih. Jangan lupa mengakhiri sikat gigi kamu dengan berkumur sampai mulut terasa segar. Saat mulut terasa segar, tentunya akan membuat kamu juga merasa lebih fresh. Jangan khawatir, saat sahur kamu masih boleh menelan dan minum, namun sebaiknya jika sudah mendekati waktu subuh atau imsak hentikanlah aktifitas makan kamu dan bersiaplah untuk berpuasa.

Apabila kamu bangun telat dan baru selesai sahur menjelang subuh dan belum sikat gigi dan berkumur, maka tetaplah menggosok gigi kamu dan berkumur seperti biasa. Namun kali ini, usahakan jangan sampai tertelan dan jika masih ada rasa yang tersisa dalam mulut yang berpotensi masuk ke dalam kerongkongan maka sebaiknya kamu berkumur dengan air dan mengeluarkannya kembali agar tidak tertelan.

Setelah mengetahui waktu terbaik untuk berkumur saat sahur, tentunya setelah kamu berbuka dan memakan berbagai makanan yang disediakan untuk berbuka puasa, maka tentunya kamu harus tetap menjaga kesegaran nafas dong. Usahakan setelah berbuka puasa, kamu berkumur dengan air putih dan menggosok gigi. Sama, akhiri juga menggosok gigi kamu dengan berkumur obat kumur gigi. Nah, setelah berkumur tentunya kamu menjadi lebih pede untuk kembali beraktifitas setelah menunaikan ibadah puasa. Jika tidak memungkinkan untuk langsung menggosok gigi dan berkumur setelah berbuka maka lakukanlah sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut kamu saat tidur. Agar nanti saat sahur kembali mulut dan nafas kamu tetap segar dan dapat memulai berpuasa kembali dengan nafas segar karena obat kumur gigi terbaik telah membantu kamu dalam membuat kamu bisa berbagi senyum di bulan puasa.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *