Perawatan Wajah Berjerawat: Apa yang Terjadi Jika Memecahkan Jerawat   

Semua orang pasti ingin perawatan wajah berjerawat yang cepat. Jerawat yang timbul di wajah pun bisa menjadi mengganggu sehingga ingin kamu pecahkan. Namun, memecahkan jerawat tidak disarankan untuk dilakukan dan justru tidak akan membuat wajah menjadi lebih bersih. 

Banyaknya jerawat yang timbul di wajah memang banyak penyebabnya. Namun, setiap orang pasti memiliki masalah kulit wajah yang berbeda. Ada yang dapat menghilangkan jerawat sekedar dengan rajin mencuci wajah dan lebih banyak lagi orang yang memerlukan perawatan khusus untuk membersihkan jerawat, Jadi apa saja yang bisa terjadi jika memecahkan jerawat?

Bakteri dan sebum yang menyebabkan jerawat terjadi berada di bawah permukaan kulit. Memecahkan jerawat dengan jari justru akan mendorong bakteri, sebum, dan kotoran lainnya lebih dalam di bawah kulit. Terlebih lagi, jika jari – jari yang digunakan untuk memecahkan jerawat tidak bersih dan malah menambahkan lebih banyak lagi kotoran yang dapat masuk ke dalam pori – pori kulit. Biasanya, hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan jika terus dilakukan, kulit dapat dengan mudah terinfeksi.

Walaupun memecahkan jerawat terkadang memberikan kepuasan tersendiri, apa yang dikeluarkan dari jerawat pecah hanyalah bagian kecil dari penyebab jerawat itu sendiri. Sebaliknya, sebagian besar kotoran dan bakteri yang menyebabkan jerawat timbul masih tetap terperangkap di bawah kulit dan dapat menyebabkan lebih banyak jerawat yang timbul lagi.

Di samping itu, jika jerawat dibiarkan atau diberi perawatan wajah berjerawat yang lebih baik, jerawat akhirnya akan mongering dan menghilang secara perlahan. Terkadang, jika jenis jerawat yang timbul lebih parah, jerawat justru akan pecah dengan sendirinya. Walaupun jerawat tetap pecah, membiarkan jerawat tetap lebih baik daripada dipecahkan secara paksa.

Hal lain yang lebih mengganggu jika melakukan perawatan wajah berjerawat dengan memecahkan jerawat adalah noda hitam yang tertinggal setelah jerawat hilang. Ini bisa terjadi karena bagian kulit yang dipecahkan jerawatnya akan teriritasi sehingga meninggalkan noda hitam. Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat pun akan lebih sulit dibandingkan menghilangkan jerawat itu sendiri. Kamu bahkan perlu melakukan operasi atau perawatan dengan laser untuk menghilangkan noda hitam tersebut.

Jika tidak boleh memecahkan jerawat, bagaimana perawatan wajah berjerawat yang benar agar kulit menjadi bersih kembali?

Solusi yang paling baik adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah, agar kotoran tidak terlalu lama menempel dan menimbulkan jerawat. Terutama bagi kulit wajah yang berminyak yang biasanya lebih rentan untuk terkena masalah jerawat.

Kulit wajah yang rentan berjerawat juga perlu untuk dijaga kelembabannya, asalkan tidak menyebabkan kulit menjadi terlalu berminyak. Produk perawatan wajah dengan bahan dasar air paling tepat digunakan untuk melakukan hal ini.

Menggunakan produk kecantikan dan masker yang membantu mengencangkan pori – pori wajah juga sangat baik untuk merawat wajah yang berjerawat. Salah satu caranya adalah membersihkan wajah dengan manggunakan toner agar pori – pori pun menjadi lebih bersih.

Cara merawat wajah berjerawat tersebut adalah solusi yang lebih baik daripada memecahkan jerawat dengan jari. Memang, membersihkan jerawat terkadang butuh kesabaran karena hasilnya tidak akan langsung terlihat. Tapi dampak buruk yang terjadi jika memecahkan jerawat akan lebih banyak jika dibandingkan dengan melakukan perawatan wajah berjerawat yang benar, walaupun hasil yang didapatkan membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *