Tak Perlu Takut Sinar Matahari Jika Sudah Tahu Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Saat musim kemarau seperti saat ini, malas sekali untuk keluar rumah. Ada perasaan takut jika terkena sengatan sinar matahari. Takut kulit menjadi kering, kusam, atau berminyak. Walaupun sudah memakai tabir surya, rasa khawatir tersebut tetap ada.

Sekarang kamu tidak perlu takut lagi dengan sengatan sinar matahari. Saat musim kemarau seperti sekarang ini, kamu tetap bisa memiliki wajah yang cantik sehat. Dengan menerapkan cara membersihkan wajah dengan benar, kamu tetap bisa beraktivitas setiap hari walaupun di luar ruangan.

Akan tetapi, sebelum kamu menerapkan langkah-langkah untuk membersihkan wajah yang benar, kamu harus ketahui dulu sabun cuci muka yang bagus untuk jenis kulit kamu.

Yuk Cari Tahu Jenis Kulit Kamu

Jika kamu memiliki kulit wajah normal, kamu tidak perlu memilih pembersih muka khusus. Yang penting, sabun cuci muka yang kamu pilih mengandung pelembab ya.

Sementara itu, untuk jenis kulit wajah yang berminyak, biasanya pori-pori kulit wajah membesar. Untuk itu, kamu perlu sabun cuci muka yang mengandung oil free serta anti-bacterial agent. Gunanya agar produksi minyak bisa dikontrol serta menghilangkan bakteri yang mungkin bersembunyi pada pori-pori.

Kamu yang memiliki kulit wajah kering harus mempertimbangkan untuk menggunakan sabun cuci muka yang banyak mengandung pelembab. Selain itu, pastika juga sabun tersebut tidak mengandung alcohol ya.

Sekarang, kamu sudah tahu sabun cuci muka yang bagus sesuai dengan jenis kulit kamu. Jadi, jangan asal-asalan memilih sabun muka. Bukan karena terkenal atau harganya mahal sehingga sabun cuci muka dikatakan bagus, melainkan sabun tersebut harus sesuai dengan jenis kulit kamu.

Cara Membersihkan Kulit Wajah dengan Benar

Kamu sudah menemukan sabun cuci muka yang bagus untuk wajah kamu. Sekarang, kamu perlu tahu langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan wajah setiap hari.

  • Bersihkan Wajah dengan Cleanser

Jika kamu selalu menggunakan kosmetik, maka sebaiknya kamu membersihkan sisa kosmetik terlebih dahulu. Jangan sampai masih ada sisa kosmetik yang tertinggal di pori-pori karena hal tersebut akan menyebabkan jerawat atau komedo.

  • Basuh Muka dengan Air Hangat

Karena udaranya sangat kering saat musim kemarau, kamu perlu melembabkan kulit wajah kamu dengan cara membasuhnya dengan menggunakan air hangat.

  • Gunakan Sabun Cuci Muka

Poin yang terpenting dalam membersihkan wajah dengan benar adalah penggunaan sabun cuci muka. Jangan langsung mengoleskan sabun pada muka seperti ketika kamu mengaplikasikan kosmetik. Kamu harus menuangkan sabun ke tangan dulu. Campur dengan sedikit air hingga keluar busa. Busa itulah yang paling penting untuk membersihkan wajah.

  • Lakukan Pijatan Kecil

Jangan terburu-buru membasuh muka dengan air. Setelah sabun diaplikasikan ke muka, lakukan pijatan kecil sekitar 1-2 menit. Pijatan tersebut tidak hanya agar kandungan di dalam sabun meresap ke kulit wajah, tapi juga untuk melancarkan peredaran darah di sekitar wajah.

  • Bilas dengan Air Bersih

Langkah selanjutnya bilas dengan air bersih. Jangan sampai wajah masih terasa lengket ya. Jika masih terasa lengket, itu artinya masih ada sabun yang menempel pada wajah.

  • Keringkan dengan Handuk Lembut

Cara mengeringkan ini yang perlu kamu perhatikan. Cukup tepuk-tepukkan saja handuk lembut tersebut hingga wajah kamu kering.

Jadi, itulah langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan wajah. Apakah selama inii kamu sudah menerapkan langkah-langkah tersebut?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *