Tidak Heran Jika Kamu Bau Mulut Karena Masih Memakan Ini

 

Cara mengatasi bau mulut banyak sekali artikel yang membahas dengan melakukan berbagai perawatan dan alternatif. Namun, pernahkah kamu sadari bahwa bau mulut itu sendiri dapat muncul karena kamu memakan makanan yang selama ini kamu senangi, sehingga tidak dapat mengira resiko yang diberikan.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa makanan yang kamu sering temui dalam kehidupan sehari-hari dan ternyata dapat menimbulkan bau mulut. Apa aja sih? Yuk baca lebih lanjut!

  1. Daging Merah

Kamu suka makan steak? Sepertinya jika kamu tidak mau terkena bau mulut, kurangilah konsumsi daging merah ini karena dengan memakan ini tidak hanya akan terkena bau mulut namun juga bau badan. Hal ini disebabkan karena daging adalah makanan yang agak sulit dicerna oleh tubuh dan dapat mengeluarkan gas yang kurang sedap pada tubuh seperti keringat.

  1. Bawang Putih

Segala jenis bawang seperti bawang putih, bawang bombai dan bawang merah ternyata juga dapat menjadi faktor pendukung bau mulut bagi yang senang mengonsumsinya. Bau yang dihasilkan dari konsumsi bawang pun terkadang dapat bertahan hingga beberapa jam sampai berhari-hari. Jadi, kurangilah konsumsi bawang juga yah!

  1. Makanan Berserat

Kandungan metana, karbon dioksida dan hidrogen pada makanan berserat yang tinggi maupun yang rendah ternyata memiliki sifat mengeluarkan gas ketika dicerna oleh tubuh, sehingga gas tersebut menyebabkan aroma yang tidak enak pada mulut kita.

  1. Junk Food

Pastinya kamu tidak sadar bahwa ternyata junk food yang selama ini enak dan mudah untuk dimakan mengandung lemak yang memaksa pencernaan kamu bekerja untuk mengolahnya yang dapat membuat sistem pencernaan mu tidak begitu lancar dan menyebabkan bau mulut dan juga bau badan. Jika sudah mengetahui hal ini, tentunya konsumsi junk food harus dikurangi dan diganti dengan makanan yang fresh dan sehat ya.

  1. Produk Susu

Mengonsumsi produk olahan yang berbahan dasar susu seperti keju, yoghurt dan lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan ternyata berdampak kurang baik bagi aroma mulut dan tubuh. Cara mengatasi bau mulut jika sudah mengonsumsi produk olahan susu ini adalah dengan meminum air putih dan menggunakannya untuk berkumur.

  1. Permen

Ternyata makanan kecil dan ringan seperti permen selain dapat merusak gigi kamu juga dapat menjadi pemicu bau mulut yang tak sedap buat kamu. Hal ini pastinya dikarenakan kandungan gula pada permen yang ketika dikonsumsi, kandungan gula berinterkasi dengan bakteri yang ada di dalam mulut yang menyebabkan mulut mengeluarkan zat penyebab bau mulut.

  1. Telur

Pemicu bau mulut lainnya oleh makanan yang mungkin tidak kamu sadari antara lain dapat berasal dari konsumsi telur. Protein pada telur bereaksi dengan cairan asam yang ada pada saluran pencernaan sehingga akan melepaskan bau kurang sedap yang bisa terbawa kembali oleh udara pernapasan dan keluar kembali melalui rongga mulut. Inilah yang terkadang membuat orang tidak sadar bahwa bau telur memang benar adanya.

  1. Kopi

Bagi kamu yang hobi begadang dan senang meminum kopi sebagai minuman sehari-hari hendaklah memperhatikan lagi konsumsi kopi nya. Ketika kandungan keasaman dan enzim alami yang terdapat pada kopi menyatu dengan air liur pada mulut, maka akan menyebabkan bau mulut. Selain bau mulut, kopi juga dapat menjadi pemicu munculnya plak pada gigi. Sehingga alangkah baiknya jika kamu kecanduan meminum kopi untuk menguranginya dan sering berkumur menggunakan air putih dan obat kumur gigi.

  1. Rempah-rempah

Orang Indonesia tentu terkenal akan konsumsi makanannya yang mengandung rempah-rempah agar terasa gurih dan lezat. Nah, ternyata dari rempah-rempah ini menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah yang kemudian di eliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Inilah yang menyebabkan bau mulut dan juga bau badan. Contoh dari beberapa rempah-rempah yang memiliki efek bau yang kuat adalah bawang merah, bawang putih dan juga kari.

  1. Permen Mint

Loh, bukannya permen mint menjadi salah satu makanan yang dapat membuat mulut terasa segar? Kenapa termasuk salah satu hal yang menyebabkan bau mulut? Ternyata hal ini dikarenakan efek segar pada permen mint hanya dapat bertahan sebentar saja, sehingga ketika kamu sudah menghabiskan permennya, maka efek bau mulut akan kembali lagi.

Setelah mengetahui 10 jenis makanan yang ternyata dapat menyebabkan bau mulut, tentunya cara mengatasi bau mulut dengan penyebab diatas ini adalah dengan menghindarinya dan rajin berkumur dengan obat kumur gigi setelah mengonsumsinya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *