Tidak Mesti Sabun Cuci Muka yang Bagus itu Harus Mengandung Asam Salisilat

Sabun cuci muka yang bagus sering diidentikkan dengan produk sabun yang mengandung bahan-bahan alami seperti asam salisilat. Padahal, bahan yang satu ini juga bias mengakibatkan efek samping yang mungkin kamu tidak pernah ketahui sebelumnya.

Oleh sebab itu, jangan asal-asalan memilih sabun cuci muka. Walaupun mengandung asam salisilat, belum tentu lho produk tersebut merupakan produk sabun cuci muka yang bagus.

Efek Samping yang Mungkin Kamu Alami

Apakah kamu tahu bahwa asam salisilat yang terkandung di dalam sabun cuci muka yang bagus merupakan penyebab utama wajah kering dan kusam? Banyak yang menganggap wajah kusam itu pasti disebabkan oleh produk kecantikan yang dipakai tidak mengandung pelembab dalam jumlah yang cukup. Padahal, kulit wajah yang kering dan kusam itu tidak hanya disebabkan oleh hal tersebut.

Penggunaan produk kecantikan yang mengandung asam salisilat, tak terkecuali sabun cuci muka, juga menjadi salah satu penyebab wajah kusam. Hal ini bisa disebabkan karena pemakai memiliki jenis kulit wajah yang memang mudah sekali kering. Namun, hal ini bisa juga disebabkan karena penggunaan produk kecantikan yang mengandung asam salisilat dalam jumlah yang berlebihan.

Iritasi pada kulit wajah menjadi efek samping terburuk yang bisa saja kamu alami. Hal ini tidak lain karena kandungan asam salisilat yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu harus berhati-hati dalam memilih dan menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung asam salisilat, termasuk produk berupa sabun cuci muka yang bagus.

Bijak Dalam Memilih Sabun Cuci Muka yang Bagus

Memang kebanyakan produk sabun pencuci muka itu mengandung asam salisilat. Hal ini tidak lain disebabkan khasiat dari kandungan ini yang tidak perlu lagi diragukan.

Namun, kamu harus hati-hati dalam memilih produk sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat. Pastikan kandungannya tidak terlalu tinggi agar efek samping seperti wajah kering dan kusam serta iritasi bisa kamu hindari.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan cara pemakaiannya. Karena efek samping bisa terjadi karena kulit berlebihan mendapatkan asam salisilat, maka kamu tidak boleh terlalu sering menggunakan sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat. Gunakan sabun cuci muka yang bagus dua kali sehari saja, yaitu di pagi setelah bangun tidur dan di malam hari saat kamu akan tidur.

Dan yang tak kalah penting, hindari pula penggunaan berbagai jenis kosmetik atau produk kecantikan yang semuanya mengandung asam salisilat. Hal tersebut perlu dihindari untuk mengantisipasi mendapatkan kandungan asam salisilat dalam jumlah yang lebih.

Apakah Kamu Bisa Mendapatkan Manfaat dari Asam Salisilat?

Pada dasarnya, kandungan asam salisilat di dalam kosmetik maupun di dalam sabun cuci muka yang bagus itu bertujuan untuk mengurangi produksi minyak pada wajah. Asam salisilat juga membantu memecah sel penyebab komedo pada wajah.

Oleh sebab itu, jika kamu mengalami masalah minyak berlebih pada wajah atau komedo, tidak salah jika kamu membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang bagus yang mengandung asam salisilat.

Namun, bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah yang kering, alangkah baiknya jika kamu menghindari menggunakan kosmetik atau sabun merk apapun yang mengandung asam salisilat.

Jadi, dalam hal perawatan wajah, kamu harus sangat hati-hati dan bijak. Jangan hanya asal-asalan percaya dan akhirnya memilih produk yang katanya sabun cuci muka yang bagus.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *