Tips Foto Makanan Yang Membuat Hasil Jepretan Layak Dipamerkan

Tips foto makanan

www.listerine.co.id

Anda seorang food blogger? Atau mungkin Anda sekarang sedang suka mengupload foto makanan entah di media sosial atau di blog? Anda harus tahu tips foto makanan yang satu ini.

Tentu senang sekali jika koleksi foto hasil jebretan Anda viral di media sosial. Namun, tidak mudah membuat hasil foto Anda viral. Foto makanan harus benar-benar bagus.

Apakah harus menggunakan kamera yang mahal? Tidak.

Apakah makanan tertentu saja yang harus dipilih? Makanan biasapun bisa kelihatannya menarik jika Anda tahu bagaimana cara foto makanan yang bagus.

Perhatikan bagaimana para food blogger memfoto makanan.

1. Pencahayaan yang Tepat

Apakah ini artinya Anda harus membawa makanan ke foto studio di mana alat pencahayaan lengkap? Tidak juga.

Pencahayaan bisa didapatkan dari mana saja. Umumnya, food blogger suka foto makanan yang berada di luar ruangan. Pencahayaan alami bisa membuat hasil jepretan terlihat natural dan menarik.

Atau ada satu trik yang bisa Anda gunakan, yaitu menggunakan pencahayaan dari lampu lisrik biasa. Hanya saja, Anda harus tempatkan makanan yang Anda foto tersebut ke tempat yang tepat di mana cahaya lampu listrik tersebut bisa maksimal.

Seperti contoh, Anda bisa buat kotak khusus yang terbuat dari tripleks atau kardus. Jadi, lampu yang menyinari makanan tersebut bisa sangat maksimal dan hasil foto pun sangat bagus.

2. Pertimbangankan Background

Coba Anda lihat beberapa majalah atau blog kuliner. Mereka yang memfoto makanan tersebut mempertimbangkan aspek lain di luar makanan dan tempat menyajikan makanan lho.

Anda harus memastikan background yang Anda gunakan menarik. Elemen di luar makanan itu akan membuat tampilan foto makanan terlihat lebih bagus.

Anda tidak perlu ragu untuk men setting satu meja atau bahkan satu ruangan sebagai background foto makanan. Memang fokusnya adalah penampilan makanan. Namun, lihat apa bedanya jika makanan difoto dengan background menarik.

3. Shot Detail Makanan

Jika Anda tidak ingin repot membuat background yang menarik, Anda bisa shot detail makanan. Hanya saja, Anda harus benar-benar jeli dalam menata makanan tersebut.

Jika Anda menggunakan tips foto makanan yang satu ini, Anda harus pintar menata makanan yang bagus. Pasalnya, point of interest nya ada pada tekstur makanan saja.

4. Jangan Gunakan Blitz

Kalau Anda foto makanan di dalam ruangan, usahakan jangan menggunakan blitz. Akan lebih baik jika Anda gunakan pencahayaan lampu daripada blitz. Menggunakan blitz hanya akan membuat gambar tidak terlihat detail.

5. Angle

Ini tips yang paling sering dijelaskan, yaitu menentukan angle yang tepat. Sayangnya, tidak ada keterangan yang pasti tentang bagaimana mengambil angle yang tepat.

Pada intinya, jika Anda semakin sering memfoto makanan, maka Anda akan mendapatkan feeling tersendiri dari angle atau sudut mana makanan tersebut bisa terlihat menarik jika difoto.

Semoga tips foto makanan sederhana tersebut membuat Anda semakin percaya diri untuk mengupload hasil jepretan Anda.

Menjadi food blogger sekarang ini tidak hanya sekedar hobi saja, tapi juga bisa mendatangkan uang lho. Jika pengunjung blog Anda banyak, tentu saja Anda bisa monotize dengan cara apapun.

Namun, pada intinya, Anda harus berhasil membuat foto yang menarik. Ukurannya sangat mudah. Jika foto Anda bisa viral, itu tandanya Anda berhasil dalam memfoto makanan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *