Tips Merawat Wajah yang Tidak Perlu Kamu Dengarkan

Ada banyak sekali artikel yang membahas tentang tips merawat wajah. Akan tetapi, apakah semua tips tersebut benar dan bisa diterapkan?

Sayangnya tidak. Kesehatan kulit wajah itu tidak mudah untuk dijaga. Perawatan wajah yang tepat akan menentukan bagaimana kamu bisa menjaga kecantikan.

Lalu, seperti apa tips perawatan wajah yang sebaiknya kamu terapkan? Tentu saja tips yang sesuai dengan anjuran para ahli kesehatan kulit.

Nah, karena tidak semua tips perawatan kulit wajah itu bagus, sebaiknya kamu ketahui tips yang banyak orang bagikan namun ternyata secara medis kurang begitu manjut untuk merawat wajah.

Melakukan Eksfoliasi

Ada yang bilang eksfoliasi merupakan cara yang paling tepat untuk menjaga kecantikan kulit. Karena melakukan eksfoliasi berarti melakukan pengangkatan sel kulit yang sudah mati. Sel kulit tersebut lah yang membuat wajah menjadi kusam, kering, dan bahkan menjadi penyebab jerawat.

Mungkin selama ini kamu juga melakukan eksfoliasi. Akan tetapi, mulai sekarang, sebaiknya kamu tidak melakukannya terus menerus. Karena jika hal ini kamu lakukan terlalu sering, maka kulit wajah kamu akan terlihat memerah. Hal ini dikarenakan lapisan kulit yang semakin tipis.

Apalagi cuaca di Indonesia yang cenderung panas. Eksfoliasi sebaiknya dilakukan sekali dalam satu atau dua minggu saja sudah cukup.

Cukup memprihatinkan ketika banyak sekali beredar kosmetik yang membuat kulit mudah mengelupas. Sebaiknya, hindari menggunakan kosmetik seperti ini.

Menggunakan Sunscreen

Salah satu bagian dari tips untuk merawat wajah adalah menggunakan sunscreen setiap kali akan beraktivitas di luar rumah. Akan tetapi, hal ini tidak perlu kamu lakukan jika cuaca tidak terlalu panas.

Jika di daerah kamu masih sering hujan dan cuaca cenderung dingin, cukup gunakan pelembab saja, tidak perlu sunscreen. Karena produk sunscreen pada dasarnya untuk melindungi kulit wajah dari sengatan sinar UV.

Kalaupun kamu menggunakan sunscreen, pilihlah produuk sunscreen dengan SPF rendah seperti SPF 30.

Melakukan Perawatan Kulit Setelah Olahraga

Aneh tapi banyak yang melakukan. Tidak sedikit orang yang olahraga tapi menggunakan makeup. Setelah olahraga pun mereka buru-buru membasuh muka, mandi, langsung melakukan perawatan seperti menggunakan pelembab, kosmetik, dan lain-lain. Hal ini mereka lakukan lantaran ingin selalu tampil cantik.

Cantik saja tidak cukup. Kulit wajah harus sehat juga dong. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum dan sesudah olahraga, kamu tidak melakukan perawatan apa saja. Biarkan pori-pori kulit wajah tidak tertutupi oleh kosmetik apapun. Karena pada saat itu pori-pori terbuka.

Ketika pori-pori terbuka, maka ibaratnya kulit sedang bernafas. Kotoran yang menempel di pori-pori pun akan mudah untuk dikeluarkan. Keringat dan minyak juga keluar. Bagaimana jika ada kosmetik? Bukannya cantik, tapi justru keringat serta minyak tidak keluar dan akibatnya wajah kamu akan jerawatan.

Banyak sekali informasi tentang cara merawat wajah yang disebar melalui media online. Saking banyaknya, kamu mungkin bingung untuk menemukan tips mana yang cocok untuk kamu gunakan.

Pastikan kamu hanya mendengarkan tips yang diberikan oleh orang yang tahu persis tentang ilmu kesehatan kulit ya. Setidaknya, tips tersebut sudah di review dan memang benar sesuai dengan kajian ilmu kesehatan.

Jangan asal menerapkan tips yang entah dari mana. Lihat juga sumbernya apakah bisa dipercaya atau tidak. Dengan demikian, kamu tidak akan salah memilih tips untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat dan cantik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *