Yuk Deteksi Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya!

Permasalahan bau mulut merupakan masalah yang umum terjadi akibat penumpuka bakteri pada gigi, gusi dan lidah. Umumnya bau tersebut muncul ketika kadar air liur kamu menurun padahal ia berperan sangat penting sebagai pembersih bakteri.

Keadaan ini biasa disebut dengan xerostomia atau mulut kering. Tidak hanya itu saja, terdapat berbagai faktor lainnya tentang bau mulut yang akan dibahas berikut ini serta cara mengatasi bau mulut.

Penyebab Bau Mulut

Dalam mendeteksi bau mulut, alangkah baiknya jika kita coba mencari tahu dulu apa penyebab dari bau mulut itu sendiri. Karena kondisi perununan kadar air liur dapat terjadi disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

Tidak Menggosok Gigi

Kebersihan gigi dan mulut sepatutnya dijaga baik dengan menggosok gigi. Namun, jika kamu tidak menggosok gigi setiap hari, maka partikel makanan akan memicu perkembangan bakteri di dalam mulut dan menyebabkan bau mulut. Hal ini juga disebabkan karena bakteri yang ada pada lidah. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu setelah makan dan sebelum tidur untuk menggosok gigi terlebih dahulu dan menggosok lidah.

Mengonsumsi Makanan

Makanan memang harus dicerna terlebih dahulu oleh mulut kita sampai masuk ke dalam tubuh. Proses pengolahan makanan dalam mulut yang meningkatkan jumlah bakteri inilah yang dapat menimbulkan bau mulut. Terlebih lagi jika kamu mengonsumsi makanan berbau tajam seperti bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah lainnya. Minuman dengan aroma kuat seperti alkohol dan kopi setelah diminum akan masuk ke dalam pembuluh darah dan dibawa ke paru-paru yang tentunya akan berpengaruh juga terhadap napas kamu. 

Merokok

Untuk kamu yang hobi merokok jangan harap jika mulut mu akan berbau harum. Kenapa? Karena bau tembakau yang dihirup akan tertinggal di dalam mulut kamu dan menyebabkan bau mulut. Selain berbahaya bagi tubuh terutama paru-paru dan organ lainnya, ternyata hobi merokok juga dapat berbahaya bagi penyakit gusi yang tentunya dapat menyebabkan penyakit mulut dan bau mulut. Maka dari itu, baiknya kamu kurangi konsumsi rokok atau bahkan berhenti merokok. Atau tidak, setelah merokok hendaknya berkumur dengan obat kumur gigi atau mengunyah permen karet mint.

Diet

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet pun ternyata merupakan penyebab dari bau mulut itu sendiri. Ini dikarenakan proses pencernaan lemak di dalam tubuh melepaskan zat kimia bernama keton yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Maka hendaknya sesuaikan porsi makan mu saat diet dan rajinlah menyikat gigi agar bau mulut pun dapat diatasi.

Mengatasi Bau Mulut

Setelah mengetahui indikasi penyebab bau mulut tersebut, maka lakukan lah berbagai cara ini untuk mengatasi bau mulut tersebut, seperti:

Teratur menyikat gigi saat pagi setelah bangun tidur dan sebelum tidur

Usahakan untuk menyikat seluruh gigi, lidah, langit-langit mulut dan gusi dengan pasta gigi dan sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan mulut kamu. Sempurnakan pula kegiatan menyikat gigimu dengan berkumur menggunakan obat kumur gigi yang mengandung chlorhexidine yang tidak mengandung alkohol agar mulut tidak menjadi kering.

Minum air yang cukup dan kunyah permen karet bebas gula

Kegiatan ini dilakukan untuk menstimulasi kemunculan air liur yang dapat menghindarkan kamu dari mulut kering penyebab bau mulut tidak sedap. Meminum air putih yang cukup pun selain untuk mendehidrasi tubuh kamu juga akan membuat mulutmu tetap lembab.

Hindari makanan dan minuman penyebab bau mulut

Jika sudah jelas bahwa makanan ataupun minuman tersebut menyebabkan bau mulut, maka hendaknya dihindari pada saat-saat tertentu agar terjaga aroma mulut kamu. Jangan sampai setelah kamu membaca artikel ini dan mengetahui penyebab serta cara mengatasi bau mulut ini, kesalahan kecil seperti ini masih kamu lakukan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *