4 Tips Perawatan Kulit Wajah Setelah Memakai Make Up

Berbagai masalah kulit dapat terjadi disebabkan acuhnya terhadap perawatan kulit. Misalnya kulit kusam, jerawat, noda hitam, keriput, dan sebagainya. Penggunaan produk mahal belum tentu menjamin Anda mendapatkan kulit tetap bersih, terlihat muda dan terus terjaga kelembabannya secara alami. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai tips perawatan kulit wajah yang bisa Anda terapkan.

1. Jaga Pola Hidup dan Jaga Kebersihan

Pada umumnya, berbagai masalah terhadap kulit salah satunya disebabkan pola hidup. Pola hidup yang tidak sehat akan menimbulkan berbagai gejala. Misalnya terlalu banyak makan makanan yang jadi penyebab timbulnya jerawat. Bisa juga dikarenakan terlalu acuh dengan kondisi kulit. Belum lagi dari berbagai faktor luar yang juga dapat mempengaruhi pola dan gaya hidup.

Oleh karena itu, Anda harus bisa menyortir segala bentuk makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Selain itu Anda juga harus bisa mengelola faktor-faktor luar yang menjadi penyebabnya. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Selain itu, batasi untuk mengonsumsi makanan yang berlemak.

Jangan lupa juga penuhi kebutuhan cairan tubuh. Tetap rutin berolahraga sekalipun hanya seminggu sekali. Biasakan untuk istirahat secara cukup sesuai kondisi tubuh. Pintar-pintarlah untuk mengelola stres serta berhenti merokok atau mengonsumsi minuman yang beralkohol. Hal terpenting menjaga pola hidup adalah melakukannya secara terus menerus. Sadari terlebih dahulu bahwasannya pola hidup bisa membawa efek terhadap kesehatan kulit.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menjaga kebersihan dengan cara selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Selain itu upayakan untuk menghindarkan wajah dari kotoran atau debu bahkan paparan sinar UV. Pasalnya, setelah make up dibersihkan pori-pori kulit akan terbuka.

2. Pilih Sabun Cuci Muka yang Tepat

Cara merawat kulit wajah selanjutnya adalah dengan rajin cuci muka. Sebelum mencuci muka, pastikan Anda memilih sabun yang tepat. Mulai dari kandungannya, kegunaannya, hingga efek sampingnya. Pasalnya, tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Ada yang bertipe kulit normal, ada juga yang tipe kulit kering, berminyak, sensitif bahkan ada juga kombinasi dari beberapa jenis kulit tersebut.

Pembersih Makeup

Oleh karena itu, Anda juga harus mengenali tipe kulit Anda sendiri sebelum menggunakan sabun cuci muka yang Anda pilih. Hal ini dikarenakan perbedaan jenis kulit, akan berbeda pula pada jenis produk dan perawatan yang cocok digunakan. Jangan sampai tergiur dengan produk yang cocok digunakan dengan teman, saat Anda menggunakannya justru sebaliknya.

Apabila jenis kulit Anda adalah jenis kulit yang berminyak, disarankan menggunakan produk yang mengandung gliserin. Bisa juga Anda memilih produk yang berbahan dasar lembut yang dapat melembabkan kulit wajah tanpa membuat kulit wajah tambah berminyak atau semakin kering.

Apabila Anda memiliki jenis kulit kering dan cenderung sensitif, disarankan memilih produk yang tidak mengandung alkohol dan wewangian. Bisa juga Anda menggunakan produk yang memiliki bahan dasar lembut dengan kandungan yang dapat melembabkan kulit. Pastikan juga memilih produk yang telah teruji secara dermatologis.

3. Perawatan Secara Rutin

Tips merawat kulit muka berikutnya adalah dengan cara melakukan perawatan secara rutin. Misalnya dengan menggunakan masker dan serum wajah. Namun, sebelum menggunakan produk tersebut, perhatikan kegunaannya untuk jenis kulit yang seperti apa. Apakah berminyak, kering, sensitif atau kombinasi.

Apabila Anda ingin menggunakan masker, perhatikan juga tujuannya untuk apa. Misalnya wajah Anda sedang berjerawat. Maka pilihlah masker yang dikhususkan untuk wajah berjerawat. Jika Anda ingin menggunakan masker untuk membuat wajah tampak bercerah, maka jangan dicampur. Oleh karena selektiflah memilih produk perawatan yang digunakan secara rutin.

Begitu juga dengan produk serum wajah. Anda bisa menggunakan produk serum setelah menggunakan produk masker. Pada umumnya, produk ini bisa langsung menargetkan masalah kulit yang lebih spesifik.

Misalnya saja setelah menggunakan masker untuk wajah berjerawat, Anda bisa menghilangkan bekas jerawat tersebut menggunakan serum yang mengandung vitamin C. Apabila Anda ingin membuat wajah Anda terlihat lebih awet muda maka Anda bisa menggunakan serum yang mengandung bahan retinol atau retinoid.

4. Bersihkan Wajah dari Sisa Make Up

Penggunaan make up memang membuat kepercayaan diri terutama perempuan bisa meningkat. Namun, apabila hendak tidur atau setelah beraktivitas upayakan selalu membersihkan wajah. Pada dasarnya penggunaan make up pada kulit wajah dapat menyumbat pori- pori.

Apabila tidak segera dibersihkan dapat memicu pertumbuhan bakteri dan menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu pemakaian make up dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan timbulnya komedo, berkurangnya kelembaban kulit, serta memicu pengeluaran minyak berlebih pada wajah.

Tentu hal ini dikarenakan pori-pori tidak bisa ‘bernafas’ seperti biasanya dan tertutup dengan partikel make up. Oleh karena itu wajah dapat terlihat kusam dan berkilau tidak selayaknya kulit yang sehat. Maka dari itulah, sangat disarankan agar membersihkan wajah sebelum tidur atau setelah beraktivitas dari make up terutama dari kotoran luar yang menempel dengan make up. Hal ini ditujukan agar kulit wajah tetap bersih dan bebas dari berbagai permasalahan kulit.

Bagi Anda yang sering menggunakan make up, Anda bisa menggunakan NIVEA Make Up Clear Cleansing Milk untuk menghapus make up tersebut. Jika sudah, Anda bisa membersihkan wajah dengan NIVEA Micellar Water dengan menuangkannya pada kapas. Apabila Anda memiliki wajah yang berminyak dan terlihat kusam, Anda bisa menggunakan sabun pembersih wajah NIVEA Make Up Clear White 2in1 Scrub.

Produk ini bisa mengurangi kadar minyak bahkan saat Anda selesai memakai make up sekalipun. Terakhir Anda bisa menggunakan NIVEA Make Up Clear White Toner agar dapat membantu dalam mengecilkan pori-pori yang terbuka saat Anda membersihkan make up. Dengan begitu wajah Anda akan langsung terasa bersih, segar, dan pastinya tidak ada sisa make up dan kotoran yang tertinggal.

Itulah beberapa tips perawatan kulit wajah yang bisa Anda coba. Anda juga bisa menggunakan rangkaian produk perawatan lainnya dari produk NIVEA dengan mencari tahu melalui websitenya sekarang juga. Terutama NIVEA Make Up Clear 2in1 Scrub yang bisa Anda gunakan sebelum tidur dan setiap selesai menggunakan make up.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *