5 Ciri Kulit Kombinasi dan Begini Cara Tepat Perawatannya

Tipe kulit kombinasi ternyata menjadi tipe kulit yang paling umum dimiliki banyak orang. Jenis kulit wajah kombinasi dikenali sebagai gabungan dari kulit kering dan berminyak. Kondisi tersebut kemudian membuat beberapa orang malah serba salah ketika merawatnya. Berikut ini ciri kulit kombinasi beserta cara tepat merawatnya.

Ciri-Ciri Kulit Kombinasi

  1. Wajah Cenderung Berminyak dan Kering

Tipe kulit kombinasi umumnya ditandai dengan kulit wajah yang cenderung terasa berminyak dan kering dalam waktu bersamaan. Area wajah yang cenderung berminyak adalah bagian T-zone atau area dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan kulit wajah bagian pipi akan cenderung terasa lebih kering. Tingkat produksi minyak di area T-zone umumnya mengikuti perubahan cuaca.

  1. Pori-Pori Lebih Besar pada Bagian Hidung

Mengenali jenis kulit muka bukanlah hal yang mudah dilakukan. Cobalah mulai perhatikan kulit wajah Anda. Pada umumnya, pori-pori kulit bagian hidung pada jenis kulit kombinasi akan tampak jauh lebih besar dibanding pori-pori pada bagian wajah lainnya. Anda perlu menyadari bagian kulit satu dengan bagian kulit yang lainnya memiliki jenis yang berbeda.

  1. Kulit Wajah Tampak Bersisik di Beberapa Bagian

Pada umumnya kondisi kulit bersisik terjadi di area kering. Namun, tak jarang kulit juga bersisik bahkan mengelupas di bagian yang berminyak. Kondisi kulit semacam ini juga bisa jadi sebagai tanda bahwa kulit Anda terkena bakteri atau jamur. Kulit yang bersisik juga membuat wajah terlihat menjadi kusam.

  1. Mudah Berjerawat dan Kulit Mengelupas Secara Bersamaan

Jerawat merupakan kondisi kulit yang umum. Permasalahan kulit berupa jerawat muncul ketika pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, kotoran, dan kelebihan minyak. Jadi, sudah bukan rahasia lagi apabila produksi minyak berlebih dapat mengundang jerawat untuk datang.

Orang dengan tipe kulit kombinasi cenderung berjerawat di beberapa area berminyaknya. Di saat bersamaan dapat ditemui pula bagian wajahnya yang lain terasa bersisik bahkan mengelupas karena kondisi kulit yang terlalu kering. Tak jarang jerawat tumbuh di daerah U-zone mulai dari pipi hingga tulang rahang.

  1. Bagian Kulit yang Berminyak Timbul Kerutan

Kerutan pada kulit wajah umumnya muncul karena kulit kekurangan kelembaban dan kolagen alami. Kulit yang mengalami kondisi tersebut akan tampak kaku dan mulai muncul garis halus. Apabila kulitmu tak sepenuhnya kering, dan ditemui bagian yang berminyak justru muncul sejumlah kerutan. Tanpa disadari itu adalah salah satu tanda kulit kombinasi.

Perbedaan Jenis Kulit

Kamu bisa mengetahui ciri jenis kulit lainnya di artikel ini ya!

Cara Tepat Merawat Kulit Kombinasi

  1. Gunakan pembersih Wajah yang Tepat

Cara mudah utama yang perlu Anda perhatikan untuk merawat kulit kombinasi adalah pemilihan sabun pencuci muka. Sebaiknya gunakan facial wash yang lembut dan mudah larut dalam air. Anda dapat memilih pembersih wajah berbahan dasar air, baik berbentuk gel atau krim, yang sifatnya lebih lembut dan aman untuk kulit kombinasi Anda.

Pembersih wajah yang berbahan dasar air efektif untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di wajah tanpa membuat kulit terasa berminyak atau kering sesudahnya. Direkomendasikan pula menggunakan pembersih  berupa gel karena tidak akan membuat kulit terasa berminyak atau kering setelahnya.

  1. Membersihkan Wajah dengan Air Hangat

Suhu hangat mampu membantu meluruhkan kandungan minyak yang cenderung berlebih di wajah secara perlahan. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi sebaiknya gunakan air hangat daripada air dingin saat membersihkan muka. Uap panas yang dihasilkan akan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

Setelah selesai mencuci muka, keringkan dengan menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk bersih, sebisa mungkin hindari menggosok kulit muka. Usahakan tidak membasuh atau mencuci wajah dengan air hangat yang terlalu panas. Untuk hasil terbaik, cuci wajah sekali sehari di malam hari dengan menggunakan air hangat-hangat kuku.

  1. Rutin Menggunakan Toner

Perlu dipahami jika kulit berminyak dan kulit kering memiliki keseimbangan pH yang berbeda. Penggunaan toner secara rutin setelah membersihkan wajah dapat membantu menyeimbangkan pH kulit Anda. Toner sendiri mampu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit kombinasi.

  1. Lakukan Eksfoliasi

Dalam perawatan kulit kombinasi lakukanlah eksfoliasi minimal dua kali dalam seminggu. Kulit kombinasi yang cenderung kering dan bersisik, namun disisi lain juga membuat area wajah lainnya cenderung berjerawat. Sehingga melakukan eksfoliasi bermanfaat untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat sekaligus menjaga kulit tetap halus.

  1. Wajib Gunakan Sunscreen

Sunscreen merupakan skin care utama yang wajib digunakan untuk jenis kulit apapun. Pada jenis kulit kombinasi sunscreen tidak hanya sekedar menjaga kulit Anda dari paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen pada kulit kombinasi sekaligus mampu membantu melembabkan kulit.

  1. Hindari Penggunaan Produk yang Mengandung Alkohol

Kulit kering adalah salah satu ciri kulit kombinasi. Kandungan alkohol dalam produk kecantikan akan membuat kulit terasa semakin kering. Dalam kondisi tersebut secara bersamaan, kulit wajah akan memproduksi minyak secara berlebihan untuk menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit. Tentunya akan memperburuk masalah kulit kombinasi Anda.

Pada dasarnya setiap jenis kulit memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda-beda. Untuk itu, membaca label pada setiap produk kecantikan yang hendak Anda gunakan adalah hal wajib untuk menghindari kesalahan memilih produk.  Mulai dari membaca label, baik itu pembersih wajah, toner, dan produk kecantikan lainnya.

  1. Perhatikan Pola Makan

Selain perawatan dari luar kulit sehat akan terwujud melalui perawatan dari dalam juga tentunya. Melalui makanan yang Anda konsumsi misalnya. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, makan makanan sehat dan kaya antioksidan, serta olahraga secara teratur.

Itulah ciri kulit kombinasi sekaligus cara tepat perawatannya. Apapun cara yang Anda lakukan, semuanya memberikan manfaat bagi kesehatan kulit Anda. Anda dapat mencoba produk perawatan kulit NIVEA untuk membantu proses perawatan kulit kombinasi Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *