Begini 7 Cara Efektif Melindungi Kulit dari Sinar UV agar Tidak Mudah Belang

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko Kamu terhadap kanker kulit. Selain resiko kanker kulit, beraktivitas di luar ruangan tanpa perlindungan maksimal juga memungkinkan kulitmu menjadi belang hingga terbakar akibat paparan dari sinar matahari. Begini 7 cara efektif melindungi kulit dari sinar UV agar tetap aman.

  1. Wajib Memakai Sunscreen

Cara yang mudah dan efektif melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang pertama adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Sebelum Kamu memulai aktivitas di luar ruangan produk sunscreen atau sunblock merupakan skin care wajib yang harus digunakan untuk wajah juga tubuh agar memproteksi kulit dari bahaya sinar matahari.

Sebagai pelindung kulit dari sinar UV yang baik gunakan produk tabir surya dengan kadar SPF minimal 30. Untuk hasil perlindungan yang efektif penggunaan sunscreen sendiri sebaiknya digunakan antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Pada waktu tersebut memungkinkan paparan sinar UV yang sangat kuat sehingga diperlukan perawatan ekstra.

Pastikan Kamu memilih produk yang tepat juga menggunakannya dengan tepat. Seperti tabir surya NIVEA Sun Protect & Moisture Spray SPF50+ atau sunscreen untuk pria, NIVEA MEN Extra White Anti-Dark Spot Serum SPF50 PA+++. Penggunaan sunblock perlu dilakukan berulang kembali setiap 1-2 jam sekali. Sebaiknya digunakan setelah kulit mengeluarkan keringat berlebih, mengeringkan wajah dengan handuk, atau selesai berenang.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Menyehatkan Kulit

Cara lain yang tak kalah efektifnya selain menggunakan sunscreen atau sunblock adalah dengan teratur mengonsumsi makanan yang menyehatkan kulit. Cara ini tepat bagi yang memalergi terhadap sunscreen. Karena penggunaan sunscreen adalah satu dari banyak cara untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih.

Pada dasarnya jenis makanan yang Kamu konsumsi turut mempengaruhi kesehatan kulit. Pilihan terbaik untuk kulit adalah makanan yang kaya akan kandungan air, antioksidan, asam lemak omega-3, beta karoten, serta vitamin dan mineral.

Makanan yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV di antaranya adalah blueberry, semangka, kacang-kacangan dan biji-bijian, wortel, teh hijau, kol dan jenis sayuran berdaun hijau.

  1. Membatasi Durasi Terpapar Sinar Matahari

Upaya melindungi kulit dari paparan sinar UV selanjutnya adalah dengan sebisa mungkin membatasi durasi paparan sinar UV selama Kamu berada di luar rumah. Tanpa perlindungan sama sekali, kulit dapat mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari hanya dalam waktu 15 menit.

Untuk melindungi kesehatan kulit secara efektif, membatasi durasi paparan sinar UV disarankan antara pukul 10.00-14.00 WIB saat matahari sedang terik-teriknya. Apabila aktivitas Kamu memaksa harus berdiri lama dalam cuaca yang terik dan tak dapat menggunakan sunscreen karena alergi, carilah tempat yang cukup teduh.

Kamu juga dapat memanfaatkan payung sebagai penghalang sinar uv pada kulit. Gunakan payung yang rapat atau pepohonan teduh untuk melindungi kulit dari sinar UV. Jauhi tempat yang berdekatan dengan beton, tembok, pasir, air karena bahan-bahan ini dapat memantulkan sinar matahari dengan lebih kuat.

  1. Memakai Outfit yang Tepat

Menggunakan pakaian yang tepat juga mampu mengurangi risiko kesehatan kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebih. Pertimbangkan bahan, warna, panjang dan ukuran, serta kemampuannya dalam menangkal sinar matahari dalam memilih jenis pakaian.

Kain dari bahan linen (twill), denim, spandeks, serta pakaian berwarna gelap mampu melindungi kulit dari sinar UV dengan lebih efektif. Mengenakan pakaian tertutup merupakan cara efektif selanjutnya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Di siang hari, ketika cuaca sangat panas, menggunakan pakaian yang tertutup pasti akan mengurangi kenyamanan karena akan terasa gerah. Namun untuk melindungi kulit, kita perlu menggunakan pakaian yang sedikit tertutup dan longgar. Selain itu, pilihlah pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik dan nyaman digunakan.

  1. Kenakan Helm dan Jaket saat Naik Motor

Selain berfungsi sebagai keselamatan, penggunaan helm dan jaket sekaligus juga bisa melindungi kulimu dari paparan sinar matahari juga dari kotoran dan polusi. Helm dan jaket adalah dua perlengkapan yang wajib saat berkendara, karena keduanya efektif melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Penggunaan helm saat berkendara motor juga sebagai upaya pelindung wajah dari sinar UV.

  1. Mengenakan Topi dan Kacamata Hitam

Untuk melindungi mata dan kulit sekitarnya dari paparan sinar UV Kamu dapat mengenakan kacamata hitam. Pastikan Kamu memilih kacamata hitam berkualitas baik yang mampu menyerap 99-100 persen sinar matahari untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

Hindari menggunakan kacamata yang lensanya memantulkan sinar matahari, karena pantulan sinar matahari yang jatuh di kacamata memungkinkan dapat menyebar di sekitar kulit wajah. Untuk aktivitas tertentu di luar ruangan seperti liburan penggunaan topi juga mampu melindungi area wajah dari paparan sinar UV.

Topi dapat melindungi kulit kepala, hidung, pipi, telinga, dan leher ketika bepergian dalam cuaca terik. Sebaiknya gunakan topi yang memiliki bagian lidah topi agar seluruh bagian wajah dan kepala Kamu terlindung sempurna.

  1. Gunakan Produk yang Dilengkapi Tabir Surya

Tak jarang beberapa produk kosmetik, seperti foundation, telah dilengkapi kandungan tabir surya, sehingga dapat memberikan efek perlindungan dari sinar matahari saat Kamu gunakan. Dalam pemilihan produk sebaiknya Kamu memeriksa komposisi bahan yang terkandung dalam tabir surya.

Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi Kamu yang mungkin alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Untuk menentukan jenis tabir surya wajah yang cocok, Kamu dapat berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu.

Itulah 7 cara efektif melindungi kulit dari sinar UV. Apapun cara yang dilakukan, semuanya memberikan manfaat bagi kesehatan kulitmu. Kamu dapat mencoba produk cream pelindung dari sinar matahari Nivea untuk mencegah penuaan dini dan masalah kulit yang lainnya. Gunakan tabir surya dengan tepat agar hasil yang Anda dapatkan maksimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *