Ini Alasan Bijak Mengapa Memilih Lantai Keramik

keramik-lantai
Source: https://insinyurbangunan.com/

Sekarang ini, ada banyak sekali pilihan untuk lantai rumah. Tidak hanya keramik lantai saja yang bisa jadi pilihan. Sudah ada alternatif lain seperti granit. Bahkan, untuk yang ingin memiliki hunian dengan lantai yang mewah, marmer bisa menjadi pilihannya.

Ada juga lantai slate, batu alam, dan juga travertine. Bagaimana dengan Anda? Mana yang akan Anda pilih untuk lantai hunian impian Anda nanti?

Mungkin saat ini Anda sedang mencari bahan untuk lantai. Dan satu hal yang harus Anda ketahui. Meskipun keramik itu bahan lantai yang cenderung biasa, lantai rumah Anda bisa terlihat luar biasa asalkan Anda tahu bagaimana cara memilih keramik lantai yang tepat dan bagaimana pemasangannya.

Itulah mengapa banyak orang yang masih memilih keramik. Karena pada dasarnya bahan yang satu ini memberikan banyak manfaat. Tampilan interior rumah pun tak kalah luar biasa dibandingkan dengan interior dengan bahan lain selain keramik.

Kelebihan Menggunakan Keramik Lantai

Agar Anda yakin tidak salah pilih, berikut ini beberapa kelebihan dari lantai yang menggunakan keramik:

  1. Harga Relatif Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan tegel, memang keramik sedikit lebih mahal. Akan tetapi, jika Anda bandingkan dengan yang lainnya seperti granit apalagi batu alam, keramik tetap menjadi pilihan terbaik. Harganya jauh lebih murah.

Mengenai harga, keramik dijual dengan harga yang berbeda-beda. Ini tergantung pada ukuran, motif, tekstur, dan juga bahan utama yang digunakan. Semakin menarik motif keramik, biasanya harganya semakin mahal.

Keramik dengan warna polos seperti putih, hitam, atau abu-abu, harganya relative murah. Dan bukan berarti keramik polos pilihan yang salah. Agar ruangan terlihat lebih luas dan bersih, justru keramik lantai polos sangat dianjurkan untuk Anda pilih.

  • Pemasangan Tidak Ribet

Saat menghitung budget pembuatan rumah, Anda tidak hanya harus menghitung biaya pembelian bahan. Karena biaya untuk tukang juga tak kalah banyak. Biaya tukang itu terkait dengan berapa lama waktu pengerjaan.

Dalam hal ini, pemasangan keramik sangat mudah. Memasang keramik jauh lebih mudah dibandingkan dengan memasang granit. Apalagi batu alam. Jelas membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk memasang keramik.

Karena mudah dan membutuhkan waktu yang tidak lama, itu artinya biaya untuk tukang juga bisa Anda tekan. Jadi, tidak hanya harga keramiknya yang terjangkau tapi biaya untuk tukang juga lebih murah.

  • Banyak Pilihan Motif dan Tekstur

Harus diakui semakin banyak orang yang menggunakan granit. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat keramik ditinggalkan. Para produsen keramik melakukan inovasi dengan beberapa cara. Misalnya saja menawarkan ukuran keramik yang lebih besar seperti granit. Selain itu, motif serta tekstur juga bervariatif. Ada motif kayu yang sekarang ini sedang banyak diminati.

Sementara itu, tidak semua keramik memiliki tekstur halus. Ada keramik dengan tekstur kasar. Dan tingkat kekasarannya berbeda-beda. Ada yang sedikit kasar yang biasanya digunakan untuk lantai dapur. Ada yang sangat kasar untuk lantai kamar mandi. Dan keramik dengan tekstur kasar pun ditawarkan dengan motif berbeda.

  • Tahan Lama

Keramik terbuat dari bahan yang begitu keras. Jadi, lantai rumah Anda bisa tahan lama hingga bertahun-tahun. Dengan satu catatan. Keramik dipasang secara benar. Jangan sampai masih ada rongga di dalam karena semen yang kurang rata. Untuk itu, pemasangan harus dilakukan oleh tukang yang benar-benar ahli.

Kalaupun ada satu keramik yang rusak, Anda tidak perlu khawatir. Pembongkaran satu keramik yang rusak sangat mudah. Tukang bisa membongkar lalu menggantinya dengan keramik yang baru tanpa harus membongkar seluruh lantai atau merusak keramik lainnya yang masih bagus.

  • Mudah Dibersihkan

Setelah membangun rumah, yang lebih menantang adalah merawat. Anda butuh waktu cukup lama untuk membersihkan rumah. Namun, dengan memilih keramik lantai, waktu yang Anda butuhkan untuk membersihkan lantai tidak begitu banyak. Cukup pel dengan sabun pel keramik. Maka lantai selalu terlihat bersih.

Dan satu lagi. Keramik itu non allergen. Jadi, selain debu yang tidak mudah menempel, jenis allergen seperti serbuk bunga juga tidak mudah menempel. Jadinya, rumah menjadi lebih aman dan sehat. Apalagi jika Anda memiliki balita yang sering merangkak di lantai. Anda tidak perlu khawatir karena keramik non allergen.

  • Ruangan Rumah Terasa Lebih Dingin

Untuk Anda yang tinggal di daerah yang cukup panas, memiliki rumah dengan lantai keramik adalah solusi. Memang Anda bisa menyiasati dengan cara memasang AC. Namun, akan lebih baik jika Anda pilih keramik sebagai lantai rumah. Keramik bisa menyerap hawa dingin dari AC sehingga penghuni lebih lama merasa dingin ketika di dalam ruangan. AC pun bisa bekerja lebih maksimal.

Nah, itulah beberapa kelebihan memilih keramik sebagai lantai. Untuk hasil yang lebih maksimal, akan lebih baik jika Anda diskusikan dengan desainer interior Anda. Dengan cara ini, Anda akan tahu motif dan tekstur keramik seperti apa yang sebaiknya Anda pilih.

Apalagi jika Anda ingin memberikan sentuhan atau variasi pada lantai. Mungkin Anda harus memasang keramik dengan motif berbeda di beberapa spot agar lantai tidak terlihat polos. Anda bisa lihat katalog keramik agar Anda punya bayangan seperti apa lantai yang Anda inginkan. Lalu, diskusikan dengan desainer interior Anda untuk hasil yang lebih maksimal.

Dan yang pasti Anda harus memilih keramik yang terbaik. Membeli keramik yang sedikit lebih mahal tapi tahan lama itu jauh lebih baik daripada memilih keramik biasa-biasa saja tapi hanya bertahan beberapa tahun saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *