Kenali 5 Perbedaan Jenis Kulit dan Cara Perawatannya

Jenis kulit setiap orang berbeda yang membuat  berbeda pula dalam perawatannya. Perbedaan ini disebabkan beberapa faktor meliputi faktor lingkungan, genetik, hingga adanya penyakit. Adanya faktor dari dalam maupun dari luar juga dapat mengubah tipe kulit secara perlahan. Kenali perbedaan jenis kulit wajah dan cara perawatannya di bawah ini!

  1. Tipe Kulit Wajah Normal

Dinamakan jenis yang normal karena memiliki kandungan seimbang antara air dan minyak dalam kulit. Kulit tidak terlalu terlihat berminyak dan juga tidak  terlihat kering. Jarang memiliki masalah kulit dan mudah dalam perawatannya. Keuntungan memiliki kulit  normal, terlihat lebih muda karena pori-pori wajah yang hampir tak terlihat.

Kulit Wajah Cantik

Anda yang merasa memiliki ciri-ciri tersebut, dapat dipastikan kulit Anda berjenis normal. Namun jika Anda masih ragu, Anda bisa mengeceknya dengan cara mengusapkan tisu ke wajah  di waktu pagi setelah bangun. Jika tisu yang diusapkan tidak ada bekas minyak, dan permukaan wajah tidak kasar, maka jenis wajah Anda adalah kulit normal.

Perawatan kulit normal paling mudah dibandingkan jenis kulit lainnya. Hanya perlu perawatan biasa seperti membersihkan wajah dengan sabun muka, dan perawatan umum lainnya. Agar lebih dapat merawat, bisa mencari pilihan produk yang dikhususkan untuk kulit normal.

  1. Tipe Kulit Wajah Kering

Ditunjukkan dengan permukaan kulit wajah yang kasar dan seperti terdapat retak. Kondisi ini disebabkan kurangnya  hidrasi pada wajah karena kandungan air di wajah yang kurang. Wajah terlihat lebih kusam, tekstur yang kasar dan kurang elastis. Kelebihannya pori-pori hampir tak terlihat dan kekurangannya cepat keriput, memerah serta sering meradang jika terkena panas.

Produksi kelenjar minyak di wajah yang kurang dan disebabkan berbagai  faktor seperti AC, sabun muka tidak sesuai, kurangnya minum air putih dan konsumsi obat-obatan. Macam-macam jenis kulit memerlukan perawatan khusus, termasuk jenis kulit kering. Kulit yang  kering tidak akan timbul jerawat, namun area mata akan menghitam, dan wajah terlihat kusam.

Cara perawatannya sama seperti perawatan rutin setiap harinya namun dikhususkan untuk kulit kering. Pilih produk perawatan muka yang  diperuntukkan untuk kulit bertipe kering. Sabun muka, krim, toner dan lainnya yang memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit. Jangan menggunakan sabun wajah  terlalu lama dan gunakan pelembab untuk melembabkan kulit.

  1. Tipe Kulit Wajah Berminyak

Setiap wajah memproduksi minyak karena memiliki kelenjar sebaceous yang  berada di bawah epidermis kulit. Wajah dengan tipe berminyak akan memproduksi sebum atau minyak lebih banyak sehingga wajah terlihat mengkilap. Produksi sebum yang berlebihan akan menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Tersumbatnya pori-pori menyebabkan eksfoliasi wajah terhambat.

Peristiwa ini menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Tak hanya timbul jerawat, namun juga komedo, wajah kusam dan pori-pori membesar. Cara perawatannya mulai dari dalam yaitu menghindari makanan cepat saji dan tidak sehat. Memakai produk perawatan yang dikhususkan untuk kulit berminyak atau kurangi minyak berlebih dengan kertas minyak untuk wajah.

Kelebihan memiliki kulit berminyak lebih awet muda karena dapat menghambat proses penuaan. Adanya perbedaan jenis kulit wajah, sebenarnya memiliki perawatan yang sama. Sama-sama dirawat rutin seperti mencuci wajah, memakai pelembab, menggunakan tabir surya dan lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada kandungan yang disesuaikan dengan jenis kulit.

  1. Tipe Kulit Wajah Sensitif

Kulit  yang  memiliki tingkat  kepekaan tinggi terhadap kandungan tertentu  dari suatu produk. Mudah timbul iritasi , memerah, atau ruam yang menunjukkan reaksi dari suatu bahan atau faktor tertentu. Ciri lainnya berupa kulit yang mudah sekali mengelupas, rasa gatal, warnanya  yang  kemerahan, serta terasa perih jika terdapat  kontak dengan bahan yang tidak ditoleransi.

Cara Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Kulit sensitif ini dapat disebabkan karena mulanya menggunakan kosmetik atau perawatan yang tidak cocok di wajah. Banyak orang  yang menganggap bahwa kulit yang  mudah berjerawat merupakan jenis kulit  yang  sensitif. Anggapan tersebut  perlu diluruskan karena kulit  yang  mudah berjerawat cenderung kepada jenis kulit berminyak.

Cara merawatnya cenderung rumit, karena harus diketahui terlebih dahulu penyebab kulit  sensitif. Memilih produk wajah yang berbahan lembut dan jangan terlalu kasar saat mencuci wajah. Selain itu, lebih selektif memilih produk perawatan wajah. Jangan yang mengandung alkohol, parfum, asam. Pilih kandungan green tea, chamomile, polifenol dan gandum.

  1. Tipe Kulit Wajah Kombinasi

Kulit kombinasi memiliki gabungan dua jenis kulit yaitu kulit kering dan kulit berminyak. Kulit berminyak lebih mendominasi zona T di wajah. Zona ini meliputi area hidung, dagu, dahi. Sedangkan kulit kering lebih mendominasi di area pipi dan area mata. Kulit dengan tipe kombinasi dapat disebabkan dari faktor hormon yang meningkat saat  pubertas dan genetik.

Penyebab lain yaitu karena seringnya berganti produk perawatan wajah. Jika ingin mengganti produk perawatan, sebaiknya diberi jeda agar kulit dapat beristirahat dan siap beradaptasi kembali. Penggunaan kosmetik pun perlu melihat kondisi wajah dan iklim saat itu, lebih dominan pada kulit kering  ataukah kulit berminyak.

Cara merawatnya dengan memilih produk yang dapat melembabkan wajah di area pipi dan mata. Selain itu juga dapat mengurangi produksi minyak pada Zona T secara berbarengan. Jangan menggunakan produk dengan kandungan bahan seperti asam salisilat, alkohol dan benzoil peroksida. Bahan-bahan tersebut akan membuat wajah menjadi kering.

Itulah beberapa perbedaan jenis kulit serta cara perawatannya. Semua jenis kulit, normal sekalipun tetap membutuhkan perawatan. Kenali jenis kulit Anda terlebih dahulu sebelum membeli produk perawatan kulit. Perawatan yang tepat dan produk yang digunakan sesuai dengan tipe kulit akan mendapatkan hasil yang maksimal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *