Perlukah Menggunakan Cream Pelindung Wajah Dari Sinar Matahari?

Cara Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Menggunakan cream pelindung wajah dari sinar matahari memang sama pentingnya dengan menggunakan cream pelindung tubuh dari sinar matahari. Cream pelindung wajah atau tabir surya pada wajah berfungsi untuk melindungi wajah dari pancaran sinar matahari. Nah, seberapa penting penggunaan tabir surya?

Manfaat Tabir Surya

Sebelum menggunakan tabir surya, perlu Anda ketahui bahwa kulit wajah lebih tipis dan cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan kulit di bagian lainnya. Hal inilah yang membuat kulit wajah lebih rentan terhadap gangguan akibat efek buruk sinar matahari sehingga kulit wajah memang membutuhkan perawatan yang lebih optimal

Sun protection cream atau tabir surya memiliki banyak manfaat di antaranya yaitu, melindungi dari sinar UV yang berbahaya. Tubuh memang membutuhkan sinar matahari untuk dosis vitamin D, namun menggunakan tabir surya bermanfaat untuk menghalangi sinar matahari berbahaya yang menembus kulit dan mengakibatkan kanker kulit.

Mencegah penuaan dini, tabir surya juga dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan garis-garis halus yang muncul. Tabir surya juga dapat menularkan risiko kanker kulit, gunakan tabir surya setiap hari untuk mencegah masalah kulit seperti kanker kulit khususnya melanoma.

Meratakan warna kulit, rajin menggunakan tabir surya juga bermanfaat untuk membantu meratakan warna kulit yang belang akibat hiperpigmentasi. Selain itu, tabir surya juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya seperti kulit kusam dan flek hitam.

Mencegah kulit terbakar atau sunburn adalah kondisi kulit di mana kulit akan mengelupas, kemerahan, membengkak dan gatal-gatal akibat dari sinar UVB yang berlebihan. Masalah kulit satu ini juga dapat mengakibatkan kanker kulit, oleh karena itu rajinlah menggunakan tanir surya setiap hari.

Pemakaian tabir surya juga dapat mencegah menggelapnya kulit. Gunakan tabir surya yang memiliki faktor perlindungan matahari minimal 30 SPF untuk mencegah tanning. Tabir surya juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan juga melindungi kulit walaupun menggunakan pakaian yang tertutup.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Tabir Surya

Sebelum menggunakan tabir surya Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal seputar penggunaan tabir surya. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan tabir surya, perhatikan hal-hal berikut ini.

Pilih tabir surya sesuai jenis kulit, jika Anda belum mengetahui jenis kulit Anda sebaiknya Anda melakukan pengecekan jenis kulit agar tidak salah dalam memilih produk yang akan Anda gunakan.

Pada kulit yang cenderung kering, gunakanlah tabir surya yang memiliki kandungan pelembab dan berbentuk krim. Jangan menggunakan tabir surya bentuk semprot karena biasanya tabir surya jenis ini mengandung alkohol yang akan membuat kulit menjadi semakin kering.

Jika Anda memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat gunakanlah tabir surya dalam bentuk gel karena tabir surya bentuk ini mampu menyerap lebih cepat ke dalam kulit. Jangan gunakan tabir surya dalam bentuk krim atau cair karena akan membuat kulit Anda semakin berminyak. Nah, untuk kulit sensitif pilihlah tabir surya yang tidak mengandung alkohol.

Perhatikan nilai SPF yang terkandung di dalam tabir surya karena SPF adalah ukuran yang menentukan berapa lama tabir surya dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Pemilihan SPF harus disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit tapi pada umumnya SPF yang digunakan pada tabir surya adalah 30 SPF atau lebih.

Anda juga bisa memilih kosmetik yang sudah mengandung tabir surya. Jika Anda ingin menggunakan make up yang sudah mengandung tabir surya, Anda juga tetap harus menggunakan tabir surya. Beberapa produk memang sudah menambahkan kandungan tabir surya, namun Anda perlu menambahkan tabir surya sebelum menggunakan make up.

Haruskah Memakai Tabir Surya Walaupun di Rumah?

Meskipun cuaca di luar rumah mendung atau Anda sedang berada di dalam ruangan, lebih baik Anda tetap menggunakan tabir surya dan jangan sampai melewatkan penggunaan tabir surya. Kenapa tabir surya penting digunakan walaupun berada di dalam rumah?

Sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan melalui celah-celah kaca, pintu ataupun jendela. Tak hanya itu saja, sinar matahari tentunya membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit Anda.

Jangan pernah beranggapan bahwa di dalam ruangan Anda akan terbebas dari sinar matahari. Maka dari itu meskipun di dalam ruangan pastikan Anda menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari.

Cara Menggunakan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya harus dengan menggunakan cara yang tepat, mungkin banyak yang berpikir bahwa tabir surya hanya perlu dioleskan saja namun ada aturan yang harus Anda ikuti agar tabir surya bekerja lebih efektif.

Pertama, gunakan tabir surya sebanyak dua jari karena kurang dari itu proteksinya tidak akan maksimal. Jangan lupakan untuk mengoleskan tabir surya lagi, penggunaan tabir surya memang harus diulangi sebanyak dua sampai tiga jam sekali dalam sehari berapapun jumlah SPF yang terkandung di dalam tabir surya.

Setelah menggunakan tabir surya, tunggu kira-kira 30 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Hal ini karena tabir surya memerlukan waktu 30 menit agar bisa bekerja secara optimal untuk melindungi kulit di bawah sinar matahari.

Nah, selain di wajah jangan lupa aplikasikan tabir surya di bagian leher, tengkuk dan telinga. Memang lebih baik Anda mengaplikasikan tabir surya di bagian kulit yang sering terekspos sinar matahari agar warna kulit tetap merata dan tidak belang.

Penggunaan sunscreen atau tabir surya memang sangat diperlukan untuk kesehatan kulit wajah Anda. Anda bisa mencoba produk cream pelindung wajah dari sinar matahari NIVEA untuk mencegah penuaan dini dan masalah kulit yang lainnya. Gunakan tabir surya dengan tepat agar hasil yang Anda dapatkan maksimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *