Tipe Pembersih Wajah yang Paling Cocok untuk Jenis Kulit Kamu

Sama halnya dengan produk kecantikan lagi. Ketika kamu ingin memilih pembersih wajah, kamu harus sesuaikan dengan jenis kulit kami. Apakah kulit kamu tipe kulit yang kering, berminyak, atau normal. Jika tipe kulit kamu normal, kamu relatif lebih untuk menentukan pilihan. Yang jadi masalah adalah ketika tipe kulit kamu kering atau berminyak. Jangan sampai salah pilih produk untuk membersihkan wajah yang juga disebut dengan cleanser.

Saat ini, ada banyak sekali jenis produk cleanser yang dijual di pasaran. Merknya pun bermacam-macam. Semuanya pasti mengatakan yang terbaik. Kamu tidak mau langsung percaya begitu saja, bukan?

Hal paling utama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu mana tipe pembersih wajah yang tepat untuk kulit kamu. Sebaiknya jangan menjadi harga sebagai pertimbangan utama ya.

Peran Lain Pembersih Wajah Selain Membersihkan

Mungkin Anda mengira cleanser hanya untuk membersihkan wajah. Padahal, perannya tidak hanya itu saja. Ada peran krusial lainnya yang perlu kamu ketahui, yaitu untuk mencegah masalah pada wajah.

Mencuci Muka

Kamu bisa sebutkan apa saja yang bisa terjadi pada wajah, mulai dari wajah berminyak, berjerawat, kering, keriput, dan lain sebagainya. Bahkan satu lagi yang harus kamu hindari, yaitu wajah terkena iritasi.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan masalah-masalah pada wajah. Mulai dari faktor sinar matahari hingga faktor nutrisi yang didapatkan oleh badan kamu. Akan tetapi, yang tak kalah pengaruh adalah faktor kosmetik yang kamu gunakan. Penggunaan produk kecantikan yang salah ternyata sangat berpengaruh pada munculnya masalah pada wajah. Tak terkecuali pembersih wajah.

Kamu harus pahami bahwa ketika wajah tidak dibersihkan dengan baik, maka sisa makeup ataupun kotoran yang masih menempel pada wajah bisa menjadi penyebab sumbatan. Sisa makeup dan kotoran menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga minyak tidak bisa keluar. Akibat paling awal yang sering terjadi adalah jerawat.

Itulah mengapa penting sekali bagi Anda untuk memilih pembersih wajah yang tepat. Perannya yang hanya sekedar membersihkan tapi juga mencegah masalah pada kulit wajah, seperti halnya jerawat.

Lalu, produk cleanser seperti apa yang kulit wajah kamu butuhkan?

Memilih Cleanser yang Tepat

Setidaknya ada 5 jenis  pembersih wajah yang sekarang ada di pasaran. Dalam hal ini, kamu harus tahu kelebihan masing-masing tipe tersebut. Lalu, kamu bisa menentukan mana yang terbaik untuk jenis kulit wajah kamu.

  1. Gel

Tipe yang cukup banyak digunakan para wanita di Indonesia adalah gel atau yang juga sering disebut dengan gel cleanser. Produk yang satu ini berbentuk gel. Saat kamu menggunakannya, tidak ada busa yang keluar. Gel ini cenderung lebih mudah dan tidak ribet untuk digunakan.

Sebenarnya, gel ini diperuntukkan untuk kulit yang berminyak. Hal ini disebabkan produk gel mampu membuat kulit wajah sedikit lebih kesat. Jadi, selain membersihkan wajah, cleanser tipe ini juga membuat kulit tidak begitu berminyak.

Untuk kulit kamu yang kering, sebaiknya perhatikan setelah penggunaan. Beberapa pengguna yang memiliki kulit wajah karing merasakan wajah mereka menjadi begitu kesat dan cenderung kering. Ini bisa menyebabkan kamu merasa kurang nyaman. Dan ada risiko wajah kamu mengalami iritasi.

  1. Oil

Untuk pembersih wajah yang satu ini, biasanya ini dipilih oleh mereka yang memiliki wajah kering. Hal ini disebabkan tekstur oily produk ini sangat bermanfaat untuk kulit wajah yang kering.

Akan tetapi, bukan berarti juga tipe cleanser yang satu ini tidak boleh digunakan oleh mereka yang punya kulit berminyak. Sebenarnya, oil cleanser ini aman digunakan untuk berbagai jenis kulit. Hanya saja, untuk kamu yang memiliki wajah berminyak, jangan gunakan terlalu sering.

  1. Milk

Jika kamu ingin tahu cleanser yang paling aman untuk semua jenis kulit, cleanser yang satu ini jawabannya. Bentuknya krim pekat. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Meskipun teksturnya pekat sekali, kamu bisa ratakan dengan sangat mudah.

Cleanser milk ini mampu mengangkat sisa makeup yang sulit dihapus. Biasanya, para perias penganten menggunakan pembersih wajah tipe ini untuk menghapuskan makeup yang lumayan tebal. Makeup akan lebih mudah diangkat atau dihapus.

  1. Water

Bisa dikatakan pembersih yang satu ini yang paling banyak digunakan. Selain produknya sangat banyak, pembersih ini juga cocok untuk semua jenis kulit. Untuk membersihkan makeup ringan setiap hari, kamu bisa mengandalkan yang satu ini.

  1. Foam

Dari sekian variasi produk untuk pembersih wajah, cleanser foam yang paling jarang digunakan. Hal ini mungkin dirasakan aneh oleh para pengguna karena pembersih tapi berbentuk foam atau busa. Karena selama ini kebanyakan produk kecantikan yang berbentuk foam itu hanya sabun.

Akan tetapi, ini termasuk cleanser yang direkomendasikan untuk kamu gunakan ketika kulit wajah kamu rentan sekali terkena iritasi. Apalagi kamu punya masalah dengan jerawat. Karena berbentuk foam, maka gesekan antara kulit tangan dengan wajah ketika mengaplikasikan produk ini bisa diminimalisir. Ini yang membuat wajah kamu tidak akan terluka meskipun iritasi atau berjerawat.

Nah, dari kelima pembersih muka, mana yang sepertinya cocok untuk kulit kamu? Kamu bisa memilih berbagai tipe cleanser dari NIVEA. Begitu juga dengan produk kecantikan lainnya. Yang pasti, produk pembersih wajah dari NIVEA tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Ini bisa kamu jadikan produk perawatan terbaik untuk kulit Anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *