Yakin Kamu Sudah Pilih Jenis Pembersih Makeup yang Tepat?

Mungkin kamu adalah satu dari sekain banyak orang yang sering berganti-ganti jenis pembersih makeup. Setelah mencoba satu jenis lalu pindah ke jenis lainnya karena merasa tidak cocok. Mungkin kamu merasa kurang nyaman atau produk yang kamu coba tidak begitu bagus mengangkat makeup yang menempel di wajah.

Yang pasti, apa yang kamu lakukan itu berbahaya. Mengganti berbagai jenis pembersih atau cleanser bisa menyebabkan masalah baru. Hal ini disebabkan tidak semua jenis cleanser itu bagus untuk tipe kulit tertentu.

Oleh sebab itu, hentikan sekarang juga. Jangan coba-coba produk lagi. Akan lebih baik jika kamu cari tahu dulu tentang semua jenis pembersih makeup yang ada di pasaran. Pahami semuanya lalu tentukan pilihan.

Memilih Cleanser Sesuai dengan Jenis Kulit

Ada banyak sekali jenis cleanser makeup yang ditawarkan di pasaran. Yang paling mudah ditemukan dan banyak digunakan adalah cleanser berbahan water atau air. Namun, kamu juga harus ketahui bahwasannya ada juga cleanser dari foam, gel, milk, dan oil. Lalu, mana yang sebaiknya kamu gunakan?

Jawabannya segera kamu bisa dapatkan setelah tahu beberapa informasi berikut ini:

  1. Cleanser untuk Jenis Kulit Kering

Jika kulit wajah kamu kering, sebaiknya kamu gunakan pembersih makeup yang berbahan cair. Atau bisa juga kamu gunakan cleaner oil. Dua jenis cleanser ini tidak hanya aman tapi juga bagus untuk kulit kering. Keduanya mampu melembabkan kulit wajah kamu yang kering.

Di sisi lain, para ahli kulit sangat tidak menganjurkan untuk memilih foam cleanser. Jenis pembersih makeup yang satu ini sangat tidak cocok untuk jenis kulit kering. Pasalnya, foam tidak mampu memberikan kelembaban yang dibutuhkan oleh wajah.

  1. Cleanser untuk Kulit Sensitif

Pada dasarnya, kulit wajah itu sangat sensitif. Pasalnya, wajah memiliki kulit yang begitu tipis sehingga mudah sekali mengalami iritasi. Namun, ada kulit wajah yang mampu mengatasi masalah iritasi dengan baik. Di sisi lain, ada juga wajah yang langsung mengalami iritasi ketika terkena bahan-bahan sedikit keras tertentu yang terkandung di dalam sebuah produk kosmetik.

Maka dari itu, untuk jenis kulit sensitif, sangat tidak disarankan kamu menggunakan cleanser dengan bahan-bahan yang keras, seperti kandungan asam dan juga parfum. Hindari menggunakan pembersih makeup yang wangi parfumnya menyengat dan itu dibuat dari bahan kimia.

Sekarang, ada banyak pembersih makeup yang parfumnya berasal dari bahan alami. Contohnya saja clenser dari NIVEA. Semuanya berbahan alami yang aman untuk kulit, terutama kulit kamu yang sensitif.

  1. Cleanser untuk Kulit Berjerawat

Jika kamu berjerawat, kamu berisiko sekali terkena iritasi. Ini bisa terjadi jika kamu membiarkan kulit wajah kamu kering. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari menggunakan cleanser yang membuat kulit kering.

Itu artinya jangan gunakan jenis pembersih makeup berupa foam. Sebaiknya, pilih pembersih makeup dari bahan water atau oil. Ini paling aman untuk kamu aplikasikan di wajah.

  1. Cleanser untuk Kulit Berminyak

Banyak yang menganggap wajah berminyak akan semakin berminyak jika terlalu banyak menggunakan produk kecantikan. Anggapan semacam itu ada benarnya. Namun, bukan berarti kamu bisa skip penggunaan pembersih makeup. Kamu juga perlu menggunakan pembersih makeup karena ini fungsinya lebih ke perawatan wajah.

Namun, jangan asal pilih ya. Untuk kulit wajah berminyak, silakan gunakan foam cleanser. Selain mengangkat makeup, foam cleanser juga mampu menyerap minyak yang berlebihan. Jadi, memakai satu produk kamu langsung mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Sekarang, kamu harus mencari tahu dulu apa tipe kulit wajah kamu. Setelah itu, kamu bisa tentukan jenis pembersih makeup yang cocok untuk kulit wajah.

Pembersih Makeup yang Aman untuk Semua Jenis Kulit

Sebenarnya, ada lho cleanser yang relatif aman untuk semua jenis kulit. Para ahli kulit mengatakan bahwasannya cleanser dari bahan air itu aman untuk digunakan oleh mereka yang memiliki kulit normal, kering, berminyak, ataupun kombinasi.

Selain aman, jenis cleanser yang satu ini juga praktis. Saat kamu traveling, kamu bisa tetap membawa dan menggunakannya. Saat membersihkan makeup, kamu hanya perlu tuangkan cleanser jenis ini ke kapas lalu tekan dan usapkan pada wajah.

Kamu bisa memilih NIVEA Micellar Water. Ini khusus untuk mengangkat makeup pada area mata seperti maskara dan ayeliner. Sementara itu, untuk area lainnya, kamu bisa gunakan NIVEA Make Up Clear White Toner. Keduanya sangat aman digunakan. Setiap kali kamu mengaplikasikan pada wajah, makeup akan terangkat dengan sempurna. Selain itu, wajah kamu juga akan terasa lebih bersih dan segar.

Saat kamu menggunakan pembersih muka, usahakan tidak mengusap-usapkan pada wajah wajah secara berulang-ulang. Cukup basahi kapas dengan pembersih makeup. Lalu tekan bagian wajah yang kamu ingin bersihkan kurang lebih 10 detik. Setelah itu, usap ke kanan atau ke kiri. Ini sudah cukup untuk membersihkan makeup. Jika masih ada sedikit makeup yang teringgal, ulangi lagi dengan cara menekan dan mengusap.

Mengusap berkali-kali pada wajah bisa sangat berbahaya. Ingat, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kulit wajah itu sangat tipis sehingga mudah mengalami iritasi. Apalagi kulit area mata dan bibir. Ini area yang sangat sensitif.

Itulah mengapa kamu sebaiknya tidak mengusap-usap berkali-kali. Apalagi kamu menggosok-gosok wajah dengan keras. Ini sangat tidak dianjurkan. Dengan menggunakan jenis pembersih makeup yang tepat, kamu hanya perlu menekan beberapa saat lalu usap ke kanan atau ke kiri. Ini sudah cukup untuk menghapus makeup di wajah kamu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *